SLIDER

8 Ide Self Care di Rumah Versi Productive Mamas

  • 15 April 2021

 




Melakukan segala kegiatan di rumah semasa pandemi untuk beberapa orang memang terasa berat. Beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang mengharuskan kita lebih banyak beraktivitas #dirumahaja juga bukan hal yang mudah, tekanan keadaan bisa membuat kita stress bahkan berpengaruh pada menurunnya imun tubuh.

 

Belum lagi padatnya rutinitas dn banyaknya pekerjaan yang harus kita  selesaikan setiap hari, tentu tak jarang membuat kita merasa jenuh.Sebagai ibu negara di rumah, terkadang karena terlalu lelah “berjuang medn perang” bahkan kita kerap kali lupa untuk merawat diri sendiri (self-caring).

 

Nah, kegiatan self-caring atau merawat diri tak ini, tak melulu soal fisik, melainkan juga mental dan pikiran kita yang juga penting untuk dirawat dan diperhatikan.


Untuk mama yang sedang mencari cara untuk melakukan perawatan diri, berikut ada beberapa tips kegiatan yang bisa mama lakukan untuk menyegarkan diri sekaligus memenuhi baterai energi. Tentunya mudah dilakukan di rumah dan nggak menghabiskan banyak waktu. 


Apa saja? Yuk, simak berbagai idenya di atas!

 


Mengonsumsi makanan yang sehat


Banyak yang tak sadar kalau istilah  “you are what you eat” itu memang benar adanya, karena pola makan dan konsumsi asupan yang sehat dan bergizi bikin mood jadi lebih baik.


Selain itu, pola makan sehat juga bisa membuat tubuh kita memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas yang padat dan fokus dalam membersamai anak. Jadi, daya tahan tubuh kita pun akan kuat dan tidak gampang sakit.

 


Olahraga ringan


Kadang karena terlalu sibuk dengan tugas di rumah kita jadi merasa tidak punya banyak waktu untuk olahraga.


Padahal yang utama dari olahraga itu bukan seberapa lama olahraga itu dilakukan dalam sehari, tapi tentang bagaimana kita bisa tetap konsisten melakukan olahraga secara rutin, meski dalam waktu terbatas.


Cara yang bisa mama lakukan pertama adalah NIAT dan TEKAD YANG KUAT, selanjutnya mama bisa menjadwalkan sesi olahraga ringan di pagi atau sore hari.


Karena olahraga bisa melancarkan aliran darah, juga efektif meningkatkan energi kita seharian. Olahraga atau exercise akan melancarkan aliran darah dan membuat imun jadi lebih kuat. 

 


Melakukan hobi


Meluangkan waktu untuk melakukan hal yang menyenangkan dapat bermanfaat untuk meringankan suasana hati serta membuat energi kita kembali terisi.


Dan selama kita menikmati dan tenggelam dalam kegiatan tersebut bukan berarti kita hanya menghabiskan waktu, tetapi juga memberi jeda ke tubuh dan pikiran kita untuk menyegarkan diri kembali.



Istirahat dan Memberi jeda ke diri sendiri


Beristirahat bisa jadi terapi terbaik bagi tubuh. Untuk itu, kita bisa mencoba tidur lebih awal dari jadwal biasanya.


Caranya adalah menyingkirkan gadget di sekeliling kita dan bersiaplah untuk istirahat dengan tenang. Dijamin kita akan kembali segar saat bangun!


Dan selama kita masih bisa bekerja dengan produktif dan mengambil istirahat yang cukup, itu juga bukan masalah.


Hanya jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan semua hal karena kadang kita lupa mendengarkan kata hati dan mengabaikan alarm dari diri sendiri, sehingga kelelahan dan tidak punya waktu untuk istirahat.



Mencari hal-hal lucu yang dapat membuat kita tertawa


Karena dengan tertawa beban seseorang akan sedikit berkurang, maka kita juga perlu menghibur dan merawat diri dengan cara ini.


Kita bisa mencari video-video lucu, menonton acara komedi, ataupun membaca tulisan yang berbau humor. Dijamin jiwa dan raga kita seketika akan kembali segar dan bersemangat !.

 


Mempelajari Hal Baru

Salah satu self care yang dapat menambah pengetahuan baru dan meningkatkan profesionalitas adalah melalui online class.


Selama #dirumahaja kita bisa meluangkan waktu untuk belajar hal baru, entah melalui tutorial tertentu dari kanal YouTube favorit atau mengikuti berbagai program keterampilan yang diselenggarakan secara daring.


Dengan begitu, kita dapat mengembalikan fokus dan juga energi serta menambah kepercayaan diri.

 



Bersih-bersih Rumah


Pandemi tentunya adalah salah satu hal di luar kekuasaan kita, bebas beraktivitas di luar rumah juga tidak dapat kita lakukan.


Nah, sekarang waktunya kita mengendalikan apa yang bisa kita lakukan di rumah. Misalnya, bersih-bersih kamar, lemari, atau dapur


Memang terlihat sepele, namun nyatanya hunian yang bersih akan memberi nuansa segar dan nyaman ketika kita banyak melakukan kegiatan di rumah. Yuk,dicoba!

 

 


Meluangkan waktu untuk perawatan tubuh dan skincare


Kesibukan mengurus rumah dan menyelesaikan berbagai pekerjaan seringkali membuat kita lupa untuk memanjakan tubuh.


Padahal ada banyak kegiatan self care yang dapat kita lakukan di rumah, misalnya dengan melakukan skincare routine, luluran dengan berbagai jenis body scrub beraroma, berendam sambil mendengarkan musik atau bubble bath, atau sekadar mandi lebih lama dari biasanya.


Dengan melakukan perawatan tubuh secara rutin, kita dapat meningkatkan kepercayaan diri dan sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap diri sendiri.


Selain itu, memanjakan diri dapat membuat tubuh merasa lebih rileks, membasuh emosi negatif dalam tubuhmu. Serta perawatan tubuh dan skincare juga dapat menghidrasi. Bahkan, keduanya bisa memberikan vitamin yang akan mengembalikan nutrisi pada tubuh.




No comments

Post a Comment

·
OLDER
© Productive Mamas Blog