SLIDER

HELLO 2021!

Banyak sekali perubahan yang dirasakan dalam perjalanan hidup 2-3 tahun terakhir ini. Jujur gak ingat kapan terakhir menulis disini. Gak yakin juga masih ada yang baca blog ini. Tapi justru karena orang sekarang hanya baca Instagram dan gak baca blog malah jadi semangat untuk nulis disini. Instagram yang sekarang rasanya banyak sekali pressure & demand sehingga malah bikin demotivated. Belum lagi ini era pandemi, sehingga berita yang terus menerus keluar di Instagram sebagian besar negatif, seputar penyakit, berita duka, bencana alam, dan berita-berita lainnya yang membuat hati ini pilu, sedih sekali.. Walaupun bukan semata-mata tahun 2020 yang membuat demotivated & uninspired. Banyak faktor dalam diri dan kejadian internal maupun external yang membuat sempat stop untuk sharing di blog maupun social media selama 2-3 tahun terakhir ini. Rasanya belum perlu untuk dibahas satu-satu di postingan ini. Karena kalau dibahas 2-3 tahun terakhir bisa jadi novel berapa jilid haha. Mungkin kapan-kapan bisa sih ku berbagi cerita kalau ada yang request, tapi untuk sekarang kita stop dulu menoleh kebelakang, 2021 adalah tentang melangkah maju kedepan. 

Kenapa akhirnya mulai nulis lagi di blog?

Setelah off dari berbagai macam kegiatan, terutama yang berhubungan dengan social media. Pikiran ini rasanya langsung lebih jernih.. Gak langsung sih.. Jujur prosesnya lama! Tapi meluangkan waktu untuk fokus ke diri dan keluarga saja membuat banyak sekali waktu untuk diri dan berfikir. 

Perjalanan untuk mental health ini masih panjang. Tapi dari off ini saya mendapatkan pencerahan dan semangat membersamai anak kembali. Semangat yang sempat padam, ironisnya salah satu alasan sempat padam karena terlalu asyik ngurusin instagram parenting yang tujuannya membersamai anak. Terlalu fokus sama demand eksternal sehingga perlahan tanpa disadari lupa esensinya dan tujuan awal membuat ini semua. 

Walaupun merupakan founder, dari tahun 2020 lalu saya off dari @productivemamas, @hannah.indonesia, dan @tumbuhterampil. Karena fokus cari konten parenting sama jalanin parenting ternyata adalah dua hal yang berbeda. Saat memulai Productive Mamas saya share keseharian dengan passion dan candid saja. Tapi tanpa disadari makin lama, bersamaan dengan bertambahnya sponsor, ada demand dari target market, ada banyak platform bermunculan, tanpa sadar saya mulai lebih banyak memikirkan konten yang rasanya "diinginkan" oleh para khalayak dibandingkan konten yang dari hati dan bermanfaat. Gak ada yang salah sih sama bikin konten yang diinginkan audience. Namanya juga content creator yah emang yang bener harusnya bikin calendar, daily updates, membaca grafik sosmed mana yang high demand dst. Cuman untuk diri saya pribadi disertai dengan berbagai kejadian yang cukup signifikan dalam hidup, pressure tersebut dengan kondisi mental health yang kurang mendukung jadi overwhelming. Cycle antara konten yang disajikan, kondisi rumah yang kadang penuh emosi, dan seterusnya membuat diri ini kok ngerasa seperti hipokrit. Bersamaan dengan itu fitrah belajar, serta fitrah keibuan untuk mendampingi anak juga sempat padam total.

Anyways intinya sih setelah sekian tahun fokus pada diri dan keluarga, walaupun belum sepenuhnya namun merasa fitrahnya perlahan tumbuh kembali. Akhirnya ngerasa lebih siap untuk sharing seputar yang dikerjakan di rumah. 

Banyak sekali rekomendasi, dan ide-ide seputar parenting, membersamai anak, dan berbagai kegiatan positif yang didapat setahun terakhir ini. Rasanya sayang kalau tidak dibagikan. Semoga bisa konsisten menulis lagi, dan dapat diambil yang baik serta ditinggalkan yang kurang baik. Bismillah untuk 2021!


No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog