SLIDER

Ibu Rina, Tak Hanya Sekedar Mengajar Anak Istimewa

  • 29 March 2021

 

Dalam rangka memperingati hari disabilitas, Productive Mamas mengadakan bulan berbagi cerita bersama para ibu, keluarga, bahkan seorang guru yang dalam kesehariannya berkenaan dengan anak-anak disabilitas.

Pada kesempatan kali ini, tim Productive Mamas banyak sekali mendapatkan pelajaran berharga dari berbagai pengalaman Ibu Rina, seorang pengajar untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

*****

Berawal dari tidak disengaja hingga akhirnya ia jatuh cinta dalam mendalami pengajaran untuk anak-anak spesial dalam hidupnya. Pengalaman Bu Rina dalam mengajar, ternyata melahirkan banyak sekali hikmah untuknya terus belajar, salah satunya adalah dalam memahami anak-anak berkebutuhan khusus.

Pengalamannya mengajar menjadikan Bu Rina belajar untuk mengasah indera menjadi lebih tajam. Ia pun mengakui perjalanannya mendampingi anak-anak istimewa membuatnya lebih memahami mereka.

Bu Rina tidak hanya menebar ilmu dan kebaikan, namun juga mendapat limpahan pelajaran dan pemahaman.

Bahwa dengan mengajar anak-anak berkebutuhan khusus, ia belajar untuk mengamati. Melihat melalui ekspresi dan bahasa tubuh mereka, apakah materi yang ia sampaikan terlalu berat untuk diterima atau sebaliknya.

Lalu, pelajaran lain yang ia terima adalah tentang belajar menunggu. Bu Rina mengaku ia terus belajar untuk menahan. Menahan diri untuk tidak terlalu cepat memberi respon, bahwa ujian kesabaran tidak hanya berlaku untuknya tetapi juga untuk mereka.

Dengan memberi mereka jeda dalam menangkap materi pelajaran atau memberi kesempatan dan waktu lebih untuk menunggu jawaban mereka adalah salah satu moment berharga untuk Bu Rina maupun murid-murid istimewanya.

Keduanya saling bersabar serta belajar, bahwa mereka patut dihargai dan segala kebaikan Bu Rina perlu untuk terus diapresiasi.

Dan yang terakhir, mendampingi anak-anak bekebutuhan khusus membuatnya menjadi belajar untuk lebih ekspresif. Bu Rina menyadari betul, bahwa mimik wajah dan gerak tubuh akan banyak membawa pengaruh dalam berkomunikasi bersama anak-anak tersebut, jadi ia berusaha untuk mengutamakan ekspresi dalam membatu mereka menerima pesan komunikasi maupun pelajaran.

*****

 

Pengalaman Bu Rina mengajarkan kita untuk lebih peka dalam banyak hal, untuk lebih sabar dalam memberi kesempatan dan belajar untuk memahami bahwa ada orang-orang yang perlu pelayanan lebih untuk dimengerti.

Untuk mengetahui lebih banyak bagaimana seorang guru membimbing murid-murid berkebutuhan khusus, simak IGTV @productivemamas bersama Ibu Rina @octa1710 yang berjudul “It takes someone special to teach someone special” yang akan membahas kolaborasi antar berbagai pihak demi mencapai keberhasilan akademik anak-anak berkebutuhan khusus serta pengalamannya dalam mengajar.

(Ditulis oleh Syifa Rahmi untuk Instagram @productivemamas)

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog