SLIDER

SLEEK BABY, 1000 HARI PERLINDUNGAN

  • 09 August 2018



Minggu lalu saya mendatangi acara 1000 Hari Perlindungan oleh Sleek Baby! Disana dibahas berbagai macam informasi menarik. Tahukah mama bahwa 1000 hari itu sudah dimulai dari saat sperma bertemu dengan sel telur? Jadi kita harus sudah sangat menjaga, nutrisi, stimulasi, dan higienitas dari bayi di dalam kandungan sampai usia dua tahun. Tentunya gak sampai dua tahun saja, namun 1000 hari pertama merupakan momen yang terpenting karena pertumbuhan otak bayi berkembang sangat pesat dan semua organ tubuh anak membantu kemampuan tumbuh kembang anak dengan sempurna. Nah saya ingin berbagi informasi bermanfaat tersebut sama mama disini! 

Nutrisi dimulai dari bayi lahir, yaitu ASI. Menururut aturan dari WHO, sehabis melahirkan dianjurkan untuk IMD.. ASI esklusif 6 bulan pertama juga merupakan hak bayi untuk menerima nutrisi yang maksimal, tentunya apabila ada masalah kesehatan tidak apa-apa ya di subtitusi. Setelah 6 bulan bayi mulai makan dan diberikan MPASI. Mpasi juga baiknya buatan rumah serta memiliki nutrisi yang seimbang antara protein, sayur, karbohidrat, dan buah. 

Nah yang harus diperhatikan saat memberikan ASI maupun MPASI adalah higienitas. Jangan lupa mencuci peralatan makan dan susu bayi dengan cuci botol yang aman. Sayang sekali apabila ASI dan makanan yang diberikan bergizi tinggi namun wadah serta alat memprosesnya tidak dijaga kebersihannya dengan baik. Dari 5 tahun yang lalu saat anak pertama sampai sekarang saya hanya mempercayakan cuci mencuci barang bayi dengan Sleek Baby! Kenapa? Karena pertama, jujur paling mudah didapat dimana-mana ya, mulai dari supermarket besar sampai mini market sekalipun. Yang terpenting lagi, terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk bayi, alias food grade, teruji secara dermatologi dan hypoallergenic. Aku share sedikit ya mengenai beberapa produk sleek baby yang gak pernah skip dibeli setiap belanja mingguan:

1) Sleek Baby Laundry Detergen 
Laundry detergen ini merupakan andalan di rumahku. Dari hamil anak pertama sudah stok ini banyak sekali. Karena dari sebelum si kakak lahir, tentunya baju-baju yang kita beli, seprainya, bantalnya, bonekanya sekalipun di cuci dulu dengan laundry detergen ini. Terutama bayi usia 0-3 bulan kulitnya sangan sensitive. Aku pernah sih saat kakak Dio masih usia dibawah 1 tahun berpergian lalu bajunya si adek dicuci dengan sabun dewasa, besoknya langsung merah-merah. Pernah juga usia 6 bulanan, tidur di seprai kami (yang dicuci dengan detergen dan pelembut biasa), lama-lama kulitnya juga jadi iritasi. Akhirnya kalau masih ada bayi, hampir semua seprai, baju saya sekalipun dicuci dengan Sleek Baby Laundry Detergen. Terutama di 3 bulan pertama. Perlahan sih kalau anak-anak sudah setahun baju saya dan seprai bisa dicuci biasa, tapi baju anak-anak sampai sekarang masih pakai sleek. Si baby detergennya sleek ini mengandung coconut extract efektif menghilangkan noda dan mejaga serat kain tetap lembut dan halus. Gak lupa walaupun bahannya aman tapi dapat membunuh bakteri dan menjaga pakain bayi tetapsegar dan bebas dari bau apek.

2) Bottle Nipple Accesories Cleanser
Another MUST HAVE! Kalau untuk baju percayakan detergennya, untuk pompa ASI, botol-botol susu, sampai piring makanan anak-anak paling oke juga Sleek Bottle Nipple Accesories Cleanser. Kenapa? Karena FOOD GRADE, terbuat dari bahan aman, yang setara makanan danmendapatan sertfikasi GRAS(Generally Recognized As Safe). Jadi gak berbahaya untuk bayi. Kalau pakai sabun cuci biasa itu chemicalnya keras jadi sebenarnya bahaya untuk anak-anak. Walaupun gak ‘keras’ tapi efektif sekali dalam membunuh bakteri, serta menghilangkan bau amis dan sisa lemak susu yang menempel pada botol maupun pompa .

3) Foamy Handwash
Yang ketiga ini bukan produk bayi, tapi kami sekeluarga suka sekali. Untuk teman-teman yang suka ke rumah pasti menyadari kalau kami punya produk ini di setiap wastafel. Bentuknya yang foam bikin anak-anak semangat untuk cuci tangan, dan wanginya juga favorit banget! Ada ekstrak madunya untuk menjaga kelembutan kulit lagi.
Selain itu aku suka pakai untuk sensory play bareng anak-anak dengan cara kasih foamnya dengan setets pewarna makanan! Multifunctional products! Nah untuk si foamy handwash ini mengandung natural antibacterial juga yang dapat efektif membunuh kuman & bakteri. Walaupun untuk keluarga tapi aman juga karena food grade.

Selain 3 produk diatas, Sleek juga punya diaper cream, sabun serta shampoo, dan si laundry+bottle nipplenya ada versi travel sizenya. Penting banget ya dimiliki mamak-mamak masa kini!


Nah setelah membahas nutrisi, dan higienitas, jangan sampai lupa untuk stimulasi. Kalu mengikuti blog ini dari dulu bisa temukan berbagai ide bermain di bagian macam kids activities ya! Kalau kemarin saat acara sih kami bikin bubble snake menggunakan botol air bekas yang ditutup dengan kaos kaki, lalu dicelupkan dengan air yang dicampur dengan Sleek Baby Laundry Detergent. Selain itu foamy handwash dari sleek bila dicampur tepung bisa juga langsung berubah jadi playdough lho!


In summary, mama-mama harus sangat memaksimalkan ya 1000 hari perkembangan anak mama dengan pemberian nutrisi secara maksimal dari ibu hamil sampai dengan anak usia 2 tahun, monitoring rutin pertumbuhan, stimulasi tumbuh kembang anak, imunisasi, dan menjaga faktor higienitas. Bila semua kebutuhan tercukupi, namun higienitas tidak terjaga, daya tahan dan metabolisme tubuh anak akan terganggu, dan menghambat pertumbuhannya. Nah Sleek Baby berbaik hati nih, akan bagi-bagi produk perlindungan Sleek dan  penyuluhan ke Posyandu. Kita bisa berpartisipasi dengan cara mudah, yaitu share 1 foto mama dengan produk perlindungan Sleek Baby di instagram dengan hashtag #1000hariperlindungan dan #SleekBabyAlamiMelindungi, sertakan pesan perlindungan untuk ibu lain, tag @sleekbaby_id, maka 1 foto = 1 produk untuk disumbangkan. Untuk info lebih lanjut bisa juga langsung cek ke www.sleekbaby.co.id. Yuk jaga kebersihan anak, dan bantuk juga anak disekitar mama! 

No comments

Post a Comment

·
OLDER
© Productive Mamas Blog