SLIDER

REVIEW GENDONGAN BAYI


Saat dulu anak pertama, jujur aku lebih suka pakai stroller. Aku hanya pakai baby carrier kalau traveling saja. Namun sekarang, gendongan itu WAJIB dibawa kemana-mana. Banyak sih faktornya; dulu suami kerjanya di Jakarta jadi kalau kemana-mana pasti ada suami, dulu jarang keluar rumah, dulu juga kemana-mana pinjam supir mama jadi ada mobil sendiri. Sekarang anak ada 2 dan gak beli stroller baru, suami juga kerjanya 2 minggu diluar kota 2 minggu di Jakarta, dan kemana-mana gak pakai supir tapi pakai taxi online. Dengan alasan-alasan tersebut, rasanya jauh lebih ideal untuk Danu dibawa-bawa menggunakan gendongan. Sempat bingung sih dengan banyaknya tipe dan merek gendongan yang ada diluar sana, sehingga akhirnya aku punya 3 gendongan dan ingin review karena setiap aku pakai gendongan banyak yang nanyain, itu merek apa? Kenapa pilih gendongan tersebut? kelebihan dan kekurangannya apa? Nah disini aku mau share ketiga gendongan yang sudah pernah aku pakai!

1.BabaSling (Baby Sling)


Harga: Rp 900.000-Rp 1.000.000
Berat anak: 3.5kg-15kg
Beli di: Mothercare

BabaSling merupakan gendongan pertama yang aku punya karena ini merupakan lungsuran dari kakak iparku. Katanya sih sekarang BabaSling berubah nama menjadi We Made Me: Sohuu Sling (bisa cek @we_made_me_id kalau gak salah) karena mereka expand mengeluarkan tipe-tipe carrier yang berbeda, bukan hanya sling. Tapi yang aku punya disini masih BabaSling ya warna Navy (my favorite color!). 

+


  • Untuk bahannya enak dan adem 
  • Design-nya simple dengan pilihan warnanya yang menarik
  • Dari semua gendongan bisa dibilang ini yang cara pakainya paling mudah.


-
Namun walaupun ini award winning baby carrier dan masuk ke top 10 list-nya sebagian besar website parenting yang hits, to be honest aku gak terlalu suka. Bukan karena merek ini in particular sih, lebih karena aku gak suka gendongan menyamping. Jadi mau mereknya ganti-ganti juga intinya aku gak terlalu suka gendongan tipe sling seperti ini. Namun kalau biasa pakai kain jarik, atau sudah biasa bawa handbag yang besar-besar gitu mustinya senang saja dengan model sling. Alasanku kurang suka adalah sebagai berikut:
  • In general aku gak suka pakai tas besar yang bebannya hanya di satu sisi dan beratnya gak terbagi secara seimbang. Jadi kaya tas selempang kalau kecil dan ringan aku suka, tapi kalau besar gak suka. Handbag besar juga aku gak suka karena bebannya hanya di satu sisi. Kebetulan aku punya syaraf terjepit juga dibagian leher sehingga kalau mengangkat beban hanya di satu sisi itu mudah sekali sakit dan pegal. 
  • Aku merasa kalau pakai gendongan samping seperti ini kedua tangan gak bisa bebas. Salah satu tangan pasti memegang kepala anak, terutama saat lehernya belum terlalu kuat. Padahal tujuannya pakai gendongankan supaya tangannya bebas bisa melakukan hal lain bukan?
  • Untuk newborn aku ngerasa kok kaya kurang nyaman dan meringkuk banget. Gak tau perasaan doang karena gak biasa, atau memang benar begitu. Karena sebenarnya kalau dipikir-pikir, gendongan sling ini kan yang paling mendekati posisi kita menggendong bayi dengan kedua tangan, tapi tetap aja aku merasa kurang nyaman.


2. Baby K'Tan (Baby Wrap)



Harga: Rp 810.000
Berat anak: 3kg-15kg
Beli di: @BabyKtanId

Size yang dipakai difoto: S

Karena merasa Babasling kurang nyaman untuk newborn, aku mencari alternatif gendongan yang bisa nyaman untuk bayi dengan tulang leher yang belum kuat. Lagi sering lihat di Instagram gendongan model wrap ini kok kayanya enak ya. Posisinya memeluk dan dekat dengan muka kita. Untuk merek-mereknya banyak, namun saat ke acara Mother & Baby Fair, aku sempat keliling untuk lihat-lihat. Pas banget ketemu dengan booth Baby K'Tan yang lagi ramai sekali. Jadi makin penasaran untuk mencoba. Long story short, aku kenalan dengan yang punya dan dia berikan 2 jenis untuk di review. Ada yang Breeze & Original. Sejak aku post di Instagram, banyak sekali yang DM, dan teman yang WA langsung karena tertarik banget untuk beli. Baru sempat akhirnya buat review sekarang, semoga berguna ya. 

+
  • Dari sisi kenyamanan menurut aku nyaman banget terutama untuk newborn sampai 3 bulan. Rasanya kaya dipeluk, jadi Danu tidur terus setiap digendong. Aku rekomen bahan yang Breeze atau Active karena lebih stretch dan adem.
  • Tangannya bebas jadi bisa mengerjakan macam-macam dan leher tersangga dengan baik. 
  • Ringan dan ringkes. Mudah dibawa-bawa karena bisa dilipat dan masukan kantong.
  • Untuk warna gelap seperti hitam dan abu-abu bisa dipakai ke acara formal, tinggal dipakaikan outer saja. Gak tau sih ini plus point atau gak, tapi bentuknya unik, jadi kemana-mana sering banget dapat compliments atau orang yang nanya beli dimana.
  • Nyaman dan ergonomis. "The International Hip Dysplasia Institute telah mengakui bahwa Baby K'tan Baby Carrier sebagai produk "hip-healthy" bila digunakan sesuai dengan instruksi. "
  • Mudah dicuci.

  • Sebenarnya gendongan ini katanya bisa dipakai sampai berat anak 15kg, tapi wrapnya itu cukup ketat jadi jujur gak yakin sih kalau anak 15kg bisa naik. Menurut aku pribadi gendongan ini ideal banget untuk anak usia 0 sampai 4 bulan, tapi setelah itu sepertinya lebih enak pakai yang structure baby carier. Lebih enak untuk anak dan punggung kita.
  • Besarnya tidak adjustable, karena ada ukuran XS sampai dengan XL. Meaning, saya dan suami gak bisa pakai gendongan yang sama. Ataupun kalau tiba-tiba berat badan naik turun drastis disaat punya anak berikutnya bisa jadi gak bisa kepakai gendongannya.
  • Masih berhubungan sama modelnya, walaupun di katalognya banyak laki-laki yang pake tapi mungkin menurut bapak-bapak, bentuknya kurang manly jadi suami gak mau pakai.

3. Ergo 360 + Infant Insert (Structured Baby Carrier)


Harga Ergo 360: 2.500.000
Harga Infant Insert: 420.000
Berat anak: 3kg-15kg 
Beli di: @Pipiloworld

Kayaknya para orang tua pasti sudah familiar dengan merek Ergo Baby terutama tipe yang 360 ini. Aku sempat dilema cari gendongan dan hampir semua orang rekomen Ergo baby atau iAngel. Namun karena aku inginnya gendongan yang bisa dari newborn akhirnya milih Ergo Baby ini karena ada infant insert untuk usia 0-3bulan. 


+
  • Dari semua gendongan yang pernah kupakai, ini merupakan yang paling nyaman dipunggung dan dipake berlama-lama, karena distribusi beratnya merata dan bagian pundaknya ada bantalannya.
  • Penting bisa 4 posisi, salah satunya front-forward facing, sehingga anak gak bosan dan bisa lihat-lihat. Kalau anak sudah lebih besar dan lebih berat juga bisa digendong dipunggung.
  • Ada hood-nya, sehingga saat anak tidur atau jalan diluar bisa ditutup agar tidak kesilauan.
  • Ukurannya bisa di adjust dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.
  • Suami paling senang dengan gendongan tipe ini (penting!).


  • Harganya lumayan mahal. Tapi worth it sih terutama yang emang gak ada bantuan suster. Aku kalau pergi berdua aja sama baby, naik turun uber, dan jalan-jalan pake gendongan ini betah dari berangkat sampai pulang.
  • Infant insert-nya agak panas dan bulky, sehingga untuk dibawa-bawa agak repot saat lepas pasang. Namun setelah lewat 4 bulan sudah gak pakai infant insert sih enak-enak saja.
  • Bagian hipnya itu pakai velcro. Kalau buka-tutup bunyinya brisik, sehingga kalau bayi tidur mau ditaruh di kasur, musti jauh-jauh dulu saat mau buka atau adjust dibagian pinggangnya.

In conclusion semua ada plus minusnya sih, tergantung selera dan kenyamanan masing-masing saja. Gak ada yang lebih bagus ataupun lebih jelek, benar-benar tergantung kenyamanan dan tujuan yang mencari. Menurut aku karena harga gendongan itu cukup mahal, untuk yang masih bingung, lebih baik sewa dulu seminggu. Kalau cocok baru lanjut beli. Bisa coba sewa di Babyloania. 

Namun kalau aku ditanya dan harus merekomendasikan gendongan ke teman, aku akan rekomendasikan Baby K-tan untuk usia 0-4bulan lalu lanjut di 4 bulan keatas pakai Ergo 360. What's your favorite baby carrier?

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog