SLIDER

5 RESTORAN RAMAH ANAK DI JAKARTA SELATAN

Bagi saya (Irna), keluarga yang beranak banyak tanpa nanny, makan bersama keluarga di restoran terkadang menjadi hal yang sangat melelahkan. Padahal kami sangat suka sekali jajan dan makan diluar. Apalagi karena sehari-hari saya masak sendiri, seringkali merasa bosan dengan makan di rumah dan ingin makan diluar. Tetapi kalau salah pilih restoran, malah bisa jadi merepotkan, atau membuat orang lain tidak nyaman karena anak-anak berisik. Sebenarnya cukup banyak restoran ramah anak yang berada di dalam mall, tetapi disini kami akan rekomen resto yang tidak didalam mall.

Nah kalau saya (Nesya) dari dulu senang sama yang namanya playdate. Mau itu di rumah membuat mainan sendiri, maupun ketemu mommy friends dan ngobrol-ngobrol. Tentunya karena kumpul dengan para ibu yang membawa anak, penting sekali memilih tempat yang kids friendly. Selain itu karena pekerjaannya di dunia anak, pemilihan restaurant untuk meeting juga seringkali jadi kendala. Saya hampir selalu membawa anak saya kemana-mana, jadi datang ke tempat meeting yang nyaman untuk anak itu penting.

Kebetulan kami berdua tinggal di daerah Jakarta Selatan, dan paling sering nongkrong di daerah Kemang. Jadi banyakan rekomendasi kami dari Kemang dan sekitarnya. Maka dari itu kami membuat list restoran keluarga untuk mama yang mencari tempat kerja / meeting yang bisa bawa anak, ataupun sekedar hanya mau playdate sama teman-teman! Di review ini kami gak akan bahas dari segi rasa makanan, ataupun harganya karena bukan food blogger, melainkan lebih ke tingkat kenyamanan restoran ini untuk didatangi keluarga:

1.Brood En Boter

Jl. Bangka Raya No.25, 
Kemang, Jakarta
Ph: +62 21 22716167


Aku datang kesini di hari Sabtu pagi jam 10 saat baru buka, jadi sepi. Aku belum pernah datang saat tempatnya sedang ramai. Dari semua restoran yang ada di list ini, Brood En Boter merupakan favorit aku karena:

+
  • Area makannya cukup luas jadi enak untuk kumpul rame-rame.
  • Natural lighting-nya oke karena jendelanya besar-besar jadibagus untuk foto.
  • Area mainnya kelihatan dari luar, dan gak terlalu besar, jadi anak bisa main sendiri gak perlu ditemani.
  • Ada private room yang muat 16 orang in case mau mengadakan acara-acara ulang tahun, baby shower, arisan, ataupun workshop.
  • Baru nyobain appetizer-nya saja sih tapi roti srikaya-nya enak banget!
-
  • So far belum nemu sih yang kurang dari tempat ini, karena waktu disitu gak lama hanya sejam. Next week akan kesini lagi dan kalau ternyata ada hal-hal yang kurang menyenangkan nanti akan di update ya!



2. Harlequin Bistro
Jl Kemang 1 No.10A-B, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Ph: +6221 2270 7276
WA: +62856 9229 6783

Restoran ini dari luar terlihat kecil, namun memiliki area makan dengan interior yang cantik dengan interior monochrome yang elegant. Di bagian belakang juga ada indoor playground yang cukup luas. Terdapat bangunan seperti kapal laut besar yang bisa dinaiki anak-anak, perosotan, ayunan, trampolin, dan sepeda-sepeda kecil. Namun untuk anak dibawah 2 tahun mungkin perlu diawasi karena banyak sekali tangga-tangga dan area yang cukup tinggi.

+
  • Interiornya cantik
  • Tersedia private room
  • Restorannya luas sehingga bisa dipakai untuk ulang tahun, sampai ada yang buat intimate wedding juga.
  • Playgroundnya termasuk yang paling unik dan photogenic. Cocok untuk anak diatas 3 tahun. Dio betah berlama-lama main disini.

-
  • Service-nya kurang bagus. Makanan keluarnya lama, ada banyak miskom , dan beberapa item yang gak ada dari menu. Sayang sekali, padahal tempatnya enak.
  • The not so private room. Ini masih berhubungan sama service-nya yang kurang sih. Saya pernah datang sore hari dan booking private room-nya, tapi gak dikasih tau kalau private room-nya sebenarnya gak private-private amat karena gabung sama grup lain yang booking juga. Ada 3 meja panjang didalamnya. Kalau mau benar-benar sendiri ada booking fee-nya. Padahal untuk didalam private room sudah ada minimum Rp 150.000/kepala untuk kami ber 16, jadi minimum spending of Rp 3.000.000 (kalau gak salah sekitar segitu). Waktu kami datang juga belum dirapikan area-nya masih acak-acakan. 
  • Waktu siang karena gak ada orang jadi playground-nya oke-oke saja, Dio happy main disitu berlama-lama sampai gak mau pulang. Namun Irna pernah datang malam hari dan smoking area-nya itu ternyata di bagian playground anak-anak. Lho bingung? Jadi selain panas, ya anak main bercampur sama asep rokok gitu. 
  • Tempat parkirnya super sempit, hanya muat 4 mobil, padahal dalam restonya luas sekali.
  • Di hari-hari tertentu banyak banget nyamuk di area bermainnya, jadi jangan lupa bawakan obat nyamuk.

3. Tamani Kids Kemang
Jl.Kemang Raya no.5 (Kemang Square Lt. 4)
Ph: 021-7198077
Ig: @tamani_cafe

Dibanding semua yang ada di list ini, Tamani bukan merupakan tempat yang kekinian, Tamani merupakan restoran lama. Tapi untuk yang mencari tempat makan yang nyaman bawa anak, untuk ngumpul rame-rame, atau ulang tahun anak, ini merupakan opsi yang menarik.


+
  • Indoor playground-nya cukup luas dan anak-anak betah berlama-lama disini. Cukup aman, dan ada area terpisah untuk bayi. Selain itu disini juga ada art corner dimana anak-anak bisa berkreasi dengan sand painting, tentunya dengan charge tambahan. 
  • Toilet-nya kids friendly, ada tempat untuk mengganti popok bayi yang nyaman.
  • Parkiran luas.
  • Variasi makanan cukup banyak.
  • Oke banget untuk ulang tahun karena sudah ada paket-paket makanan dan entertainment-nya.

-
  • Bayar lagi untuk untuk bermain 48.000/anak kalau weekdays & 58.000/anak kalau weekend.
  • Kalau lagi ada yang ulang tahun, seringkali kita gak bisa masuk dan gak boleh main di area bermain, tapi masih bisa makan di lantai 1 (padahal hampir setiap weekend pasti ada yang ulang tahun).
(Beberapa kali datang kesini untuk ulang tahun teman anak, dan gak pernah foto tempatnya karena ramai. Coba cari websitenya juga gak ada, jadi yang mau lihat foto langsung ke FB atau Instagram @tamani_cafe ya!)

4. Twinhouse Coffee & Kitchen
Jl. Cipete Raya No.4B, RT.8/RW.4, Cipete Sel., Cilandak, 12410
081931173518

Tempat ini sangat hits karena banyak sekali event ibu anak, acara gathering, dan ulang tahun anak yang diadakan disini. Tadinya restorannya sendiri tidak terlalu besar, namun sekarang baru saja dibangun baru disebelahnya. Review ini ditulis sebelum adanya renovasi tersebut, terakhir kami kesana sekitar bulan Maret 2017, kemungkinan besar sih sekarang sudah banyak yang berubah tapi nanti akan di update lagi ya, apabila kami sudah kesana:

+

  • Parkiran luas
  • Interiornya lucu
  • Pencahayaannya terang 
  • Halaman rumputnya cukup luas untuk anak-anak bermain. (tips: bawa mainan yang bisa dimainkan outdoor, misalkan bubble, atau frisbee)

-

  • Sama halnya seperti Tamani, Twinhouse biasanya penuh disaat weekend, jadi kami lebih suka makan disini saat hari kerja. Tetapi jika ingin datang saat weekend lebih baik menelpon sebelumnya karena sering ditutup untuk acara.
  • Kalau sedang ada acara dan fullhouse, dulu AC-nya puanas (jangan lupa bawa kipas).
  • Dulu akhir tahun 2016 sampai awal 2017, hampir setiap minggu ada event ibu dan anak disitu, dan makanannya selalu sama, bisa dibilang 90% makanannya deep fried (sampe dessertnya-pun), sehingga menurut saya variasi menunya kurang sehat. Namun katanya sih sekarang sejak di renovasi ada menu baru.
(Photos source: @twinhouse_cipete)

5. Caswells Coffee Ampera
Jl. Ampera Raya No. 9
Pasar Minggu Jakarta Selatan 12560
Phone: (62) 021-788 33703 / 0878 8882 5703 / 0895 1977 7703

www.caswellscoffee.com
Ig:@casswellscoffee

Caswell merupakan salah satu tempat ngopi favorit yang biasa kami (Irna) datangi di pagi atau sore hari. Kalau saya lagi ingin ngobrol santai dengan suami, atau bila ingin ngopi-ngopi dengan teman-teman pun kami cenderung memilih tempat ini karena tidak terlalu jauh dari rumah. 


+


  • Parkirannya luas
  • Lightingnya bagus dan tempatnya nyaman
  • Caswell mempunyai area rumput yang cukup luas untuk anak-anak berlarian. Bahkan tempat ini memiliki area rumput terpisah untuk anjing pengunjung bisa bebas berlarian. Hal ini menjadi atraksi menarik untuk anak-anak saya karena mereka suka melihat anjing dan sering ikutan untuk memberi minum anjing-anjing disana. 
  • Selain itu pada hari-hari tertentu, ada latihan memanah untuk anak-anak, kita bisa ikut untuk latihan dengan appointment sebelumnya. 



-

  • Kopinya enak tapi variasi makanannya kurang banyak dan rasanya biasa saja.

(Photos Source: @caswellscoffee)

Sebenarnya di sekitar Kemang, ada juga beberapa restaurant junkfood yang ada playground-nya tapi kami gak mau rekomen ya. Ada juga Warung HaloNiko! yang ada kebunnya dibagian luar sehingga anak bisa lari-larian, namun sebelahnya kolam renang jadi sebenernya rada bahaya juga kalau gak diawasi, dan kami belum ada yang pernah kesana, sehingga resto ini gak kami masukan ke dalam list


(photos source: @warunghaloniko)

Kalau ada yang cari tempat meeting yang di dalam mall di area Kemang, sebenarnya di Lippo Mall Kemang Village enak ajak ketemuan di Maxx Coffe lantai dasar masuk ke The Playground. Menurut aku itu ideal sih untuk ketemu sesama teman ibu-ibu, karena anak bisa main di playground gratis didalamnya.



In conclusion, kalau kami harus merekomendasikan restoran ramah anak untuk ngobrol-ngobrol cantik, aku akan rekomen Brod En Boter atau Twin House. Namun kalau mau buat pesta ulang tahun anak dan ingin ada area playground, paling enak di Tamani. Bisa juga Harlequin, tapi ya parkir dan service-nya itu tadi kurang memuaskan. Untuk yang ingin ulang tahun dengan customized theme, bisa coba di Twin House lalu dekor dan aktivitas dengan @litukanyaproject deh.

No comments

Post a Comment

·
OLDER
© Productive Mamas Blog