SLIDER

KINDERHAVEN PLAYHOUSE & LIBRARY, GADING SERPONG


Hari Sabtu kemarin, saya mendapat kesempatan exclusive play experience di Kinder Playhouse & Library sebelum buka untuk umum pada tanggal 8 July 2017. Kinder Playhouse & Library ini sesuai dengan namanya, merupakan area bermain dan perpustakaan yang di managed oleh Kinderhaven Preschool. Saya menghadiri area bermain ini dengan Irna dan Arninta bersama anak-anak mereka. I got to say that it is one of the best playground I've ever been to (according to me), walaupun gak terlalu besar, tapi areanya terbagi-bagi jadi berbagai macam tema, dan terinspirasi dari 3 elemen geografi di Montessori yaitu daratan, udara, dan air. 

SPACE ADVENTURE
Age: 2yo+
Description: Light & Shadow Sensory Play
Kami hadir pukul 10, dimulai dengan sesi story telling di Space Adventure area dengan book of the month: Press Here by Herve Tullet. Ruangan ini terinspirasi oleh Reggio Emilia's Educational Philosophy yang fokus kepada child-led approach. Banyak sekali alat peraga yang memang sudah masuk wishlist aku di ruangan ini! Paling favorit oleh anak-anak tentunya light table yang dilengkapi dengan Magnatiles dan magnet wands. Disini sendiri saja anak-anak bisa lama sekali eksplorasi warna, bentuk, cahaya, dan bayangan!


UP, UP, AND AWAY
Age: 1yo+
Description: Children's Library
Setelah story telling, kami lanjut ke Up, Up, and Away yaitu perpustakaan anak yang designnya keren banget. Pilihan bukunya juga curated dan bagus-bagus banget! Perpustakaannya nyaman banget, aku aja betah banget lama-lama disini. Kemarin kami membuat art and craft masih satu tema dengan buku Press Here yang tadi. Jadi anak-anak bebas membuat berbagai macam bentuk menggunakan dot bewarna merah, biru, kuning dengan jepitan dan kapas. 

Nah sekarang kita masuk ke area utamanya yaitu playground yang ditunggu-tunggu banget sama anak-anak. Dari masuk ruangan ini Dio udah terdistract dari story telling dan art-nya, karena buru-buru pingin main.


FUNKY FARM
Age: 1.5 yo and under
Description: Motoric & Sensorial Play
Ini salah satu alasan kenapa aku nyatakan bahwa pembuatan playground ini dipikirkan dengan baik. Aku ingat sekali dulu saat Dio sudah mulai merangkak dan belajar berjalan usia 8 bulanan aku ingin sekali bawa ke tempat bermain. Tapi kebanyakan tempat bermain hanya mengakomodir anak yang lebih besar, sekitar 3 tahun keatas. Kalau bayi-bayi main di tempat yang sama pasti akan keinjak-injak dan gak nyaman. Nah disini ada area yang dikhususkan untuk anak usia dibawah 1.5 tahun. Idealnya sih 6 bulan keatas ya, namun untuk yang punya 2 anak atau lebih, terutaman masih bayi. Kaya saya dan Irna, enak banget karena baby bisa ditidurin atau main di area itu (dengan pengawasan tentunya).


OCEAN IN MOTION
Age: 1.5yo+
Description: Motoric, Sensorial & Constructive Play
Di area ini anak dapat melatih koordinasi dari pergerakan tubuhnya. Ada kapal berisi kolam bola, merangkak ke dalam paus besar, serta balok biru. Balok ini merupakan open ended play, jadi dapat dibangun-bangun menjadi berbagai macam bentuk. Keona membuat mobil-mobilan dibantu oleh para pengawas yang ada disitu. Seru banget bermain sambi mengasah kreativitas!

 

WILDLIFE WONDER
Age: 2.5yo+
Description: Motoric Play
Tema wildlife ini merupakan area gross motor skill, dimana anak bisa bergelantungan, memanjat dan berjalan diatas titian untuk melatih keseimbangan. Ada boneka besar jerapah, kangguru, dan paling gemas pandanya ini bisa bergerak.


BEACH HEAT
Age: 4+
Description: Motoric Play
Area ini merupakan favorit Dio, karena ada istana tinggi dimana ia bisa merosot kebawah. Gak bosan-bosan Dio naik turun perosotan sampai lebih dari 30x. Cuman di area ini baiknya memang anak usia 3 tahun kebawah gak naik sih, karena areanya cukup tinggi dan perosotannya juga cukup kencang. Bagusnya area ini diawasi, dan ditaruh bantal diujungnya supaya anak kalau merosot terlalu cepat gak ketabrak.


OTHER FACILITIES
Kids & Adults Toilet
Karena berbasis Montessori, dan dalam Montessori anak di encourage untuk mandiri. Disini ada kids toilet yang gemes banget. Area cuci tangannya pun selevel dengan tinggi anak. Lalu ada juga adult toilet toilet dewasa yang terpisah. karena Dio sudah bisa ke toilet sendiri, fasilitas ini penting banget untuk saya. Plus biasanya kalau didalam sini saya gendong atau sedang menyusui si adeknya, jadi enak banget gak perlu saya bantu dia bisa sendiri. 

Nursing room
Untuk yang punya anak dibawah 2 tahun, fasilitas ini penting banget. Walaupun bawa nursing cover dan relatif nyusu dimana-mana, tapi kalau ada sofa nyaman itu penting. Selain itu ada changing table juga jadi saya bisa gantiin popok. Seneng dan betah sekali disini. 



Kenapa kok playground ini terbagi areanya dan ada guideline usia? Karena memang setiap permainan sudah dipikirkan dengan baik dan disesuaikan dengan tumbuh kembang anak berdasarkan usia. Tentu karena areanya bercampur ya kita gak bisa batasin anak usia berapa main yang mana. Itu mengapa kalau masuk kesini 1 anak sudah termasuk 1 pendamping. Selain itu dibeberapa area pun sudah ada yang mengawasi. Untuk lokasi playground ini sendiri ada di Bez Plaza Gading Serpong, dekat sekali dengan Scientia Park. Mulai tanggal 8 July 2017 nanti akan buka pukul 9.30-17.00 setiap hari Senin-Sabtu. Lengkap biaya masuknya ada di foto dibawah, namun kalau mau lebih jelas lagi langsung cek disini.


Disclaimer: Review ini saya tulis dengan kondisi playground yang kosong, jadi nyaman banget. Pastinya kalau sudah lebih ramai berubah lagi mungkin point of view-nya. Karena tempat apapun yang terlalu ramai tentunya gak nyaman. Namun nanti kalau sudah buka untuk umum, jam bermainnya akan dibatasi dalam sehari 3 jam untuk setiap anak. Semoga dengan begitu kondisi akan tetap menyenangkan!


2 comments

  1. Waaa... mau banget kesana. Wikdeys pasti lbh seru yaaa. Yg keona mainin itu seru bgt. Jd bs bebikinan apa aja tgantung imajinasi anak ya kan. Ini emaknya jd selera. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget ya! Si adek mayan bisa dimasukin area bayi aja dalem pager, kakaknya suruh lari-larian hahaha. :D

      Delete

© Productive Mamas Blog