SLIDER

TURMERIC LATTE FOR SORE THROAT


Udah sebulan belakangan ini aku terserang batuk, pilek, plus migrain luar biasa. Gak hilang-hilang sudah minum honey lemon, air jahe, makan salad super banyak, minum jus buah, makan buah, kurma, dan akhirnya menyerah minum obat dokter, tapi masih juga gak sembuh-sembuh. Untungnya baru saja hari ini migrainnya mulai hilang, pileknya juga sudah jauh berkurang, tapi yang aku gak tahan adalah batuknya! Gateeeelnya setengah mati, apalagi kalau di ruang AC. Kasian Danu kalau malam aku sambil nyusuin terbatuk-batuk sampai dia kaget-kaget. Nah aku merasa kok sejak aku minum Turmeric Latte (atau Golden Milk nama fancy-nya) ini aku jauh lebih mending tenggorokannya. Pertama aku tau ini dari whatsupmoms (youtuber favoritku!). Waktu itu mau buat tapi bahan-bahannya lagi gak ada di rumah. Lalu minggu lalu sempet main ke restaurant Pure Foods Co di Cipete dan minum si Turmeric Latte ini hangat-hangat, enaaaaaknyaa yaampun! Aku pencinta nut milk kelas berat soalnya, Turmeric Latte ini dibuat dengan campuran almond milk dan kunyit. Untuk yang suka jamu sih pasti bakal cinta banget sama minuman ini. Karena aku saja yang gak suka jamu sama sekali, suka sekali ini. Bisa dibilang rasanya kaya jamu modern gitu lah. Haha. Walaupun sedang gak sakit kayanya akan mesuk kedalam top 3 favorite drink list aku deh!

Disini aku mau share cara buatnya ya:

Susu
Bahan utama dari minuman ini adalah susu. Susu disini baiknya sih plant based seperti almond mylkcashew mylk, atau coconut milk yang belum dikasih pemanis. Untuk yang mau buat sendiri langsung klik tipe susunya saja aku sudah kasih link ke cara buatnya. 

Namun kalau malas bikin sendiri, aku mau rekomen beberapa brand favortiku. Untuk almond mylk ada merek Dama atau Pure Foods Co. Cuman kalau kebetulan lagi jalan-jalan di mall atau supermarket biasanya di freezer-nya ada merek Mylk.inc juga cukup oke, atau yang lain juga gak masalah asal lihat tanggal expired-nya ya, karena plant based mylk cepat sekali expired. Cashew mylk favoritku sebenarnya dari merek Naked Press, tapi itu nikmatnya langsung diminum dan gak perlu dicampur apa-apa. Apabila mau cashew milk yang belum manis, bisa beli dari Burgreens. Coconut milk setau aku gak ada yang jual sudah jadi, tapi merupakan alternatif paling murah dibandingkan nut mylk, dan bahannya lebih mudah ditemukan. Sebenarnya, kalau mau membuat pakai susu sapi juga bisa kali ya, namun aku sedang mengurangi konsumsi dairy jadi gak minum susu sapi. 

Bahan:

  • Susu pilihanmu
  • Kunyit bubuk
  • Kunyit ditumbuk (optional)
  • Jahe ditumbuk
  • Kayu manis bubuk
  • Madu atau kurma untuk pemanis
  • Coconut oil atau almond butter (optional)
  • Secuil black pepper / cayenne pepper (optional)
Cara membuat:

  1. Hangatkan susu di panci (jangan sampai mendidih)
  2. Cemplungkan semua bahan dan aduk sampai rata 
  3. 1-2 menit angat dan hidangkan
Kalau memakai seluruh bahan diatas rasa yang keluar juga lebih maximal. Kalau sedang malas membuat ya aku biasanya beli via gojek di Pure Foods Co, atau beli almond mylk yang sudah sweetened lalu dipanaskan di rumah dan tuang kunyit dan cinnamon bubuk. Yum!

2 comments

  1. Saya juga suka nonton WhatsUpMoms. Bagus vlog-vlognya. Boleh juga nih resepnya dicoba. Sekarang lagi musim batpil. Thx, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bagus banget ya whatsupmoms! Bermanfaat dan lucu-lucu, kepingin banget bisa bikin vlog kaya gitu suatu saat nanti Thank you mom, semoga bermanfaat ya :)

      Delete

© Productive Mamas Blog