SLIDER

CARA MEMBUAT PASPOR ANAK

  • 22 April 2017


Minggu lalu saya berhasil membuat passport bayi usia 1 bulan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Warung Buncit tanpa bantuan calo, maupun suami. Surprisingly sangat amat mudah caranya, selama dokumennya lengkap. Padahal awalnya sempat parno dan ragu pas suami bilang "Gampang kok sekarang, gak kaya dulu lagi". Seingat saya dulupun dengan calo tetap harus bolak balik beberapa kali sampai selesai dan antriannya kurang jelas bentuknya. Tapi ternyata caranya mudah banget! Makanya disini saya ingin berbagi cara membuat passport anak dengan mama semua. 

Pertama-tama cek jam buka untuk Imigrasi yang ingin di datangi. Untuk Imigrasi Jakarta Selatan yang ada di Buncit ini buka jam 7.00 untuk hari Senin, Rabu, Kamis, dan jam 6.00 untuk Selasa dan Jumat. Nah apabila membawa anak, kita bisa menunggu sambil duduk di dalam dan diberi nomor antrian di awal. Sehingga datang sekitar 10 menit sebelum jam buka sudah cukup. Apabila tidak membawa anak ataupun orang tua, baiknya datang paling tidak 1 jam sebelum buka untuk mengantri. 

Penting untuk membawa dokumen yang lengkap dan sesuai kriteria. Karena pemeriksaan sangat ketat, kalau belum lengkap nanti akan disuruh mengantri dari awal lagi, jadi jangan sampai salah. File yang dibutuhkan untuk membuat paspor anak adalah:
  • Akte lahir (ini wajib dan gak bisa digantikan oleh apapun, karena aku sudah coba pakai surat lahir anak ataupun KK juga gak diterima)
  • Kartu Keluarga yang sudah ada nama anak
  • KTP ayah dan ibu
  • Buku Nikah Orang Tua
  • Formulir untuk diberi materai dan tanda tangan kedua orang tua (dibeli di koperasi imigrasi)

Semua file diatas (Akte, KK, KTP, Buku Nikah) HARUS di fotocopy, dengan catatan sebagai berikut:
  • Ukuran asli di kertas A4 dan JANGAN digunting.
  • Kedua KTP orang tua di fotocopy di 1 lembar kertas
  • Bisa di fotocopy di imigrasi tapi membuang-buang waktu. Lebih baik sih langsung di fotocopy semua sebelum datang, jadi tinggal isi dan beli formulir saja di koperasi.

Waktu itu saya datang hari Selasa pas-pasan jam 6 kurang 5 menit. Buru-buru naik keatas untungnya masih dapat kuota yang didahulukan. Semua file sudah lengkap, dan gak sampai setengah jam sudah dipanggil kedalam. Lalu bayar sebesar Rp 350.000 via bank BNI atau Mandiri. Sekitar jam 7 sudah masuk mobil lagi! Tau gak yang lama ngapain? Sekitar 30 menit di dalam tempat foto karena Danu tidur dan gak mau melek. Susah sekali nyuruh buka mata bayi umur 1 bulan..haha. 

Paspor anak tersebut bisa diambil dalam 5 hari kerja di counter lantai 2, antara pukul 1 sampai 4 sore. Tunjukan tanda terima yang diberikan oleh petugas imigrasi, lalu akan dapat nomer urut dan tinggal duduk manis saja. Saya pernah datang hari Selasa jam 1 untuk mengambil paspor saya, kebetulan hari itu gak terlalu ramai jadi dalam 15 menit sudah bisa diambil. Namun kemarin saat ambil paspor Danu di hari Jumat sekitar jam 2an, dapat nomer urut lumayan belakang. Sehingga menunggu hampir 2 jam. Saya gak tau sih apa gara-gara pas ambil papor saya, sambil gendong Danu jadi didahulukan? Sedangkan pas ambil paspor Danu, lagi ada suami jadi dia jagain di mobil.. haha. Gak sempat nanya juga. Tapi walaupun begitu, yang penting sekarang sistem-nya sudah jelas, jadi walaupun nunggu lama gak kesal-kesal amat karena memang ada nomer urutnya dan gak perlu ribet bolak balik kesana kemari.
Post ini gak di sponsori sama pihak imigrasi ya, hanya ingin sharing aja untuk ibu-ibu yang ingin membuat paspor untuk anaknya, tapi gak berani pergi sendiri. Oiya satu lagi, kalau gak perlu-perlu amat gak usah buat e-passport karena selain kemarin lagi error, prosesnya jauh lebih lama. Gak bisa main datang kaya paspor biasa, melainkan harus buat appointment dulu 10 hari kerja, biayanya 2x lipat, lalu jadinya juga 2 minggu instead of 5 hari. Apabila ingin melihat informasi lebih lengkap bisa cek langsung di website Imigrasi Jakarta Selatan.

3 comments

  1. Hi Mba,
    Thanks info sharingnya. Mau tanya itu ketika harus bayar via bank BNI atau Mandiri metode transaksinya pake apa ya? Bank Transfer di ATM, CC atau harus ke cabang?

    Trims
    Sari

    ReplyDelete
  2. Hi mbak, tanya dong, utk KTP asli bs pake KTP salah satu ortu aja atau harus KTP asli kedua ortu?

    ReplyDelete
  3. Mba. Mau tanya. Untuk formulir harus beli dahulu sebelum hari H atau bisa pd saat hari H? Thanks.

    ReplyDelete

© Productive Mamas Blog