SLIDER

TIPS TIDUR NYENYAK UNTUK IBU HAMIL


Memasuki trimester tiga kehamilan, permasalahan umum yang sering dirasakan para ibu pastinya berhubungan dengan pegal-pegal, mudah lelah, dan salah satunya juga susah tidur. Nah disini aku mau share tips-tips agar tidur bumil bisa lebih nyaman.

1. Istirahatkan otak atleast 1-2 jam sebelum tidur. Jangan melakukan aktivitas yang membuat otak terlalu banyak berfikir atau tegang.  Jadi mengerjakan deadline-deadline pekerjaan jangan terlalu mepet sama jam tidur. Menonton film-film horror atau thriller juga gak dianjurkan. Santai-santai saja ngobrol dengan suami atau baca buku yang relax. Bahkan untuk beberapa orang membaca buku juga menstimulasi otak secara berlebih.

2. Memasang aromatherapy atau memakai body oil dengan wangi yang menenangkan. Favoritku selalu memakai body oil atau memasang diffuser dengan wangi lavender sebelum tidur.

3. Posisi tidur miring kiri selalu dianjurkan untuk ibu hamil karena lebih nyaman dan membuat aliran oxygen juga lebih lancar ke bayi.

4. Posisi bantal yang nyaman. Ini trial dan error ya. Aku personally belum pernah coba bantal hamil,  tapi ada yang cocok dan ada yang tidak. Kalau aku suka diganjal saja sih dengan beberapa bantal dan guling. Jadi kalau dulu bisa tidur cukup dengan 1 bantal 1 guling, yang sekarang perlu 2-3 bantal untuk ganjal saat miring. Setiap orang memiliki preference yang berbeda sih, jadi bisa coba-coba yang mana yang nyaman untuk masing-masing individu.

5. Hindari makanan yang membuat sesak atau heartburn. Kalau sudah trimester 3 pasti kita sudah sadar mana makanan-makanan yang memicu sesak atau heartburn. Dulu saat hamil dio aku cukup sensitif sama kacang, padahal favorit banget nyemilin almond atau cashew. Nah kehamilan yang sekarang lebih sedih lagi, selalu sesak setiap makan coklat dan apapun yang manis-manis. Jadi coklat nomer satu, sisanya yang lain yang manis-manis sesaknya lebih ringan. Padahal terus-terusan inginnya makan manis..hiks. Kebanyakan orang juga mudah heartburn dengan makanan pedas, atau asam berlebihan.

6. Minum air yang banyak di siang hari, dan kurangi sedikit di malam hari. Kalau untuk aku posisi asal menghadap ke kiri cukup nyaman saja. Tapi bolak balik ke kamar mandi karena ingin pipis itu yang buat tidak nyenyak tidur. Jadi pastikan di siang hari minum sebanyak-banyakanya. Lalu pelan-pelan kurangi ke malam hari agar paling tidak mengurangi frekuensi bolak balik ke kamar mandi tersebut. Ini mungkin gak di rekomen sama dokter ya, namun buat aku ini lumayan ngaruh untuk meperbaiki pola tidur.


7.  Kamar yang rapi. Tidak terlalu banyak barang. Jadikan kamar tempat yang tenang dan menyenangkan, kalau banyak tumpukan barang tentu gak menyenangkan ya, jadi pastikan kerapian kamar untuk set mood kita juga. Jangan menaruh pekerjaan atau laptop dalam ruang kamar karena dapat membuat kita tidak tenang.

8. Masih berhubungan dengan no.4, menurut aku penting banget punya kasur dan bed cover yang nyaman dan enak dipadandang. Jujur pattern-pattern bed cover yang terlalu ruwet suka membuat pikiran juga ruwet. Bed cover polos itu somehow membuat pikiran lebih tenang dan tidurpun lebih nyaman.

Dilema aku selama ini adalah setiap cari bed cover yang polos-polos relatif pasti harganya mahal dan gak mungkin kan hanya punya 1 saja, pasti akan dicuci jadi harus punya beberapa pasang. Senang sekali saat lokal brand Snooze Living Goods ini punya varian Casa Bed Sheet yang cantik dengan harga terjangkau. Aku memilih yang Milky White agar berasa seperti hotel, dan Olive karena warna hijau menimbulkan rasanya adem seperti ditaman.

Aku juga suka sekali sama varian selimutnya, sehingga punya si Olivia Stripes Quilt yang matching dengan bed sheet Milky White & Olive, plus Almond Appaloosa Knitted Blanket kalau ingin ganti suasana dengan selimut rajut.


Selain support local brand, bedroom set ini nyaman banget dan jujur mood aku berubah di kamar setiap pakai warna-warna yang adem seperti ini. 

Sekian kira-kira tips yang berhasil membuat tidur nyenyak selama kehamilanku. Kalau mama ada yang punya tips tidur tambahan yang berhasil selama kehamilan gak yang belum aku mention diatas? Kalau iya, share yuk!

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog