SLIDER

RAINBOW PLAYDATE AT TAMAN MAIN


Kamis, 20 Oktober yang lalu, Productive Mamas kembali mengadakan #PlaydatewithPM yang bertemakan “Rainbow”. Tema ini dipilih karena siapa sih yang nggak suka warna-warni pelangi?. Dengan mengusung tema tersebut, seperti biasa, playdate kali ini menghadirkan tiga macam kegiatan yang menstimulasi motorik kasar, halus dan juga arts and craft.

Bertempat di Taman Main Daycare, Rainbow Playdate dilaksanakan dengan jumlah total 15 peserta dan beberapa anak daycare di sana. Acara dimulai pukul 10 pagi dengan bermain rainbow sensory bag.

Banyak sekali yang tanya soal rainbow sensory bag ini. Permainan ini merupakan sensory play yang sangat praktis untuk mengenalkan warna dan belajar mengenai percampuran warna primer. Sensory bag ini merupakan salah satu cara menstimulasi sensori tapi tidak kotor-kotoran dan bisa dilakukan ke anak bayi di bawah 1 tahun. Isi sensory bag ini dibuat dari tepung maizena yang diberikan pewarna dan dimasak hingga mengental, ini diambil dari resep edible finger painting, jadi kalau tidak dimasukkan ke dalam plastik ziplock dan dilakban di semua sisinya untuk alasan keamanan, bisa dipakai untuk kegiatan finger painting bersama anak. 

Kegiatan kedua adalah Rainbow Run. Kegiatan ini berfungsi melatih motorik kasar dan belajar untuk mengelompokkan warna yang sesuai atau color sorting. Tim PM sudah menyiapkan potongan kertas krep berbagai warna dan karton spotlight sesuai warna kertas krepnya. Si anak akan berlari dari tempat yang ditentukan dan membawa kertas krep untuk diletakkan di atas kertas karton. Kegiatan ini seru sekali dan menyenangkan untuk dilakukan dalam grup.

Setelah puas bermain dengan kertas krep warna-warni, kegiatan ketiga adalah membuat arts and craft rainbow rain hanging decoration. Bahan-bahan untuk kegiatan ini sangat mudah didapatkan, yaitu piring kertas yang sudah dipotong, tali kur, kapas dan pasta penne yang sudah diwarnai dengan pewarna makanan. Kegiatan ini membutuhkan bantuan dari orang tua atau pendamping anak. Fungsi kegiatan ini adalah untuk melatih fokus anak saat memasukkan pasta penne ke dalam tali dan menempelkan kapas di atas piring kertas serta melatih kesabaran anak untuk bersabar dan menghargai proses menciptakan sebuah karya bersama orang tua atau pendampingnya.

Tidak terasa hampir dua jam sudah playdate seru ini dilaksanakan. Setelah asyik bermain, para peserta dibagikan bento lucu dari @zhevaro_kitchen. Sambil menemani anaknya makan siang, mama-mama sibuk mengobrol sambil bertukar info mengenai hal-hal seputar motherhood, pengasuhan dan pendidikan anak. Seru sekali pembicaraannya sampai lupa pulang! Haha. 

Terimakasih atas kehadiran semuanya ya! Terimakasih banyak untuk Taman Main atas fasilitas tempatnya yang cozy dan bikin anak-anak betah berlama-lama di sana juga kepada Zhevaro Kitchen atas makanannya yang enak dan sehat. Kami menghaturkan permohonan maaf jika ada kekurangan dan sampai jumpa di #PlaydatewithPM selanjutnya. (By: Dyah Ayu Amallia)

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog