SLIDER

TIPS MENGURANGI KONSUMSI GADGET / SCREEN TIME UNTUK ANAK (TODDLER)


Artikel ini sebenarnya sebuah pengulangan dari video You Tube yang sudah di upload di You Tube channel PM. Namun karena readers/viewers blog dan You Tube berbeda, jadi ingin share disini juga. Ini merupakan topik yang cukup high demand di request di Instagram maupun teman atau saudara. Sebelum masuk ke tips disini saya mau cerita sedikit kenapa topik ini diangkat.

Disclaimer dulu bahwa saya personally tidak men-judge orang tua yang banyak memberikan gadget/screen time pada anaknya, karena menurut saya itu pilihan masing-masing. Jujur ada satu positive outcome dari sering terexpose dengan screen time kemarin adalah Dio jadi super lancar berbahasa inggris. Namun karena lebih banyak negative effects-nya saya harus relakan. Concern saya adalah saat Dio mulai tantrum dan menunjukan sikap-sikap yang kurang baik karena pengaruh screen time tersebut. 

Seperti yang beberapa sudah tau, saat ini saya sedang hamil menginjak usia 19 minggu. Di 3 bulan kehamilan saya lemas sekali, dan mual luar biasa. Karena lemas itu saya banyak tidak bisa beraktivitas, salah satunya bermain dengan Dio. Nah mulai lah, yang tadinya TV hanya seminggu 2x, jadi setiap hari, tadinya sehari sejam menjadi dua jam dan tiga jam dan seterusnya. Lama kelamaan jadi seharian penuh, di rumah saya maupun di rumah eyangnya. Ini terjadi selama 3 bulan penuh.

Perilaku Dio berubah drastis, yang tadinya riang dan aktif, senang bermain diluar, senang berimajinasi, membaca buku, senang jalan-jalan, semuanya sirna. Terdengar lebay ya? Tapi ini kenyataannya! Bahkan ibu sayapun menyadari. Biasanya datang ke rumah Eyang untuk bermain sama Inyik, Eyang ataupun Om. Namun sekarang kalau datang hanya duduk depan sofa minta nyalakan DVD saja sampai pulang lagi. Hal yang sama ia lakukan juga di rumah. Ini dulu pernah saya alami sama iPad juga dan hp, sehingga untuk iPad dan video di You Tube apapun, Dio sudah tidak pernah pegang lagi sejak usia 2 tahun. 

Tipping point saya yang akhirnya stop semua aktivitas screen time-nya adalah saat ia diajak jalan-jalan dan beberapa kali minta di rumah saja karena lebih ingin nonton TV. Sampai nangis-nangis minta pulang aja padahal baru jalan dari rumah. Pas saya sudah 3 bulan sudah lebih kuat juga, akhirnya saya stop total itu screen time-nya, dan saya akan kembalikan sedikit-sedikit secara berkala kalau sikapnya sudah berubah. Nah more on this, bisa di tonton di background story di video ini.

Hari-hari pertama pastinya berat, namun coba ditahan-tahan dan berlangsung sampai seminggu dengan cukup smooth. Nah karena Dio bisa menerima dengan baik dan kembali seperti semula lagi, jadi anak yang aktif, periang, senang membaca, bermain di luar, dan jalan-jalan. Saya ingin share beberapa tipsnya nih. Tips-tips ini sudah pernah berhasil dulu saat Dio sempat tantrum karena gadget, dan sekarang berhasil juga untuk TV. 7 Tipsnya bisa di tonton di video ini ya.

Saat Dio sudah kembali seperti dulu lagi
Saat Dio mengomeli saya karena saya nonton You Tube..haha

Jangan lupa untuk subscribe karena akan ada video seru setiap minggunya. Semoga tipsnya bermanfaat! Kalau berhasil atau mama punya tips lain please do share di hashtag #LessScreenTime dan tag @productivemamas ya. 

2 comments

  1. Mba nesiya keren banget share tips nyaa.... thank youu... kalo aku sih ga pernah ngasih maenan gagdet sama sekali tapi TV yang susah bangeeett... hiks apalagi udah ngga ada mba, kalo bundanya mau maenan hp atau ngeblog dikit biar anaknya ga ganggu dan anteng suka dikasih Tv deh terpaksa.. huhu.. Wah hebat juga Dio yah seminggu cuma 2x nonton .. salut emg ibunya kudu ngajak main terus sih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sama mbak, akupun masih belajar juga. Kadang masih suka khilaf juga. Ngerti banget kalau gak ada mbak bingung ya menghiburnya. Tapi sekarang setelah udah sebulanan jarang TV, Dio bisa main sendiri kalau aku perlu nulis nanti dia ngobrol-ngobrol sendiri sama mainannya hehe. Cuman emang gabisa terlalu lama sih.. Semangat mbak! Pasti bisa :D

      Delete

© Productive Mamas Blog