SLIDER

MERAH PUTIH PLAYDATE AT MUSEUM LAYANG-LAYANG


Turut berpartisipasi dalam memeriahkan hari kemerdekaan sekaligus ulang tahun Republik Indonesia yang ke-71, Productive Mamas menyelenggarakan playdate Merah Putih pada tanggal 21 Agustus bertempat di Museum Layang-layang.

Sekitar lima belas anak turut serta dalam playdate ini didampingi orangtua mereka. Acara dimulai dengan tur keliling museum yang dipandu oleh Pak Dayat, tour guide dari Museum Layang-layang. Dalam tur ini, para peserta diajak melihat koleksi layangan tradisional maupun mancanegara. Ukurannya pun beragam, dari yang seukuran layangan biasa hingga yang berukuran raksasa dan dibuat tiga dimensi. Anak-anak senang sekali melihatnya.

Setelah berkeliling museum, mereka diajak menonton film mengenai layang-layang kemudian mereka diajak mewarnai dan membuat layang-layang sederhana dari kertas. Saat layang-layangnya selesai diwarnai, proses selanjutnya adalah memasangkan benang serta dekorasi pita warna-warni dan setelah ini layang-layang siap dimainkan. Seru sekali melihat bonding time anak-anak dan orangtuanya yang berusaha bersama menerbangkan layang-layang. Ini tentunya akan menjadi pengalaman menyenangkan bagi keluarga. 


Puas bermain layang-layang, aktivitas kedua dalam playdate ini adalah waterballoon race. Tim PM sudah menyiapkan balon air warna-warni untuk disortir warnanya dan dipindahkan ke tempat yang sudah disediakan. Tantangan dalam permainan ini selain memindahkan balon dengan berlari dari satu tempat ke tempat lain juga menyortir warna balon menjadi hanya merah dan putih sebelum diletakkan ke dalam wadah. Selain melatih kognitif, kegiatan ini juga melatih motorik kasar. 

Aktivitas ketiga dalam playdate merah putih adalah bermain Oobleck yang dibuat dari tepung maizena dan air.  Apa sih Oobleck? Oobleck adalah sebuah substansi antara cair dan padat yang bisa berubah kekentalannya berdasarkan tekanan (nama kerennya non-newtonian fluid). Saat mendapatkan tekanan yang kuat, teksturnya menjadi padat tapi jika tidak teksturnya menjadi slimy dan cair. 

Karena tema playdate kali ini merah putih, tim PM menyiapkan sensory bin berisi tepung maizena yang telah diberi pewarna makanan merah dan yang belum diberi pewarna, sehingga nantinya anak-anak bisa mencampurkan pewarna sendiri kalau mereka mau. Beberapa cetakan dengan bentuk-bentuk favorit anak-anak juga disediakan. Bermain dengan oobleck merupakan sensory play yang menyenangkan dan orang tua juga bisa sekaligus mengajarkan mengenai science. Teksturnya yang unik membuat anak-anak penasaran dan asyik bereksplorasi. 

Selesai melakukan tiga aktivitas, para peserta playdate, orangtua dan tim PM berfoto bersama. Acara ditutup dengan pengundian doorprize berisi paket mini tema Indonesia untuk tiga pemenang dari @menthilis dan pembagian goodie bag dari para sponsor yaitu seperangkat pensil warna, buku gambar dan alat tulis dari @staedtlerid, paket minuman dari @heavenlyblushyo, voucher dari menthilis dan cute bento yang enak dan menggemaskan dari @eat.mamalovebento

(PM New Team: Mala, Vicky, Nesya, Kai, Irna, & Ayu)


Terima kasih banyak untuk para sponsor yang sudah mendukung dan terima kasih kepada seluruh peserta yang ikut serta dalam playdate merah putih kemarin, mohon maaf apabila ada kekurangan ya! Sampai jumpa di #PlaydatewithPM selanjutnya. (By: Dyah Ayu Amallia)

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog