SLIDER

APA ITU AROMATHERAPY? APA ITU ESSENTIAL OIL?


Hari Sabtu kemarin saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Aromatherapy Class yang diadakan oleh Organic Supply Co. Kalau suka melihat feed Instagram saya pasti tau kalau saya memang penggemar natural oils, essential oils, dan segala hal yang berbau natural. Namun sejujurnya sih, gak punya pengetahuan di area tersebut. Jadi excited sekali dapat mempelajari basic knowledge mengenai aromatherapy dan bagaimana cara mencampur satu dan yang lain. 

Sebelum masuk ke aromatherapy, kami mendapatkan penjelasan sedikit mengenai Organic Supply Co. Didirikan oleh 4 orang ibu yang berteman yaitu Cindy Christina, Astrid Zulkarnaen, Michelle Olivia, dan Amanda Huwae. Menjadi seorang ibu, mereka selalu mencari alternatif yang terbaik untuk anak-anaknya. Kalau anak sakit, mereka berusaha meminimalisasikan penggunaan obat-obatan, dan beralih ke yang natural yaitu aromatherapy. Dari awalnya mencoba-coba essential oil yang ada di pasaran, mereka menyadari kalau manfaatnya luar biasa, tapi pilihannya tidak terlalu banyak. Mereka awalnya mulai mengedukasi hanya keluarga dan teman-teman dekat, tumbuhlah keinginan untuk mengedukasi lebih banyak lagi orang lain. Akhirnya bersama-sama mereka mendirikan Organic Supply Co, dengan niat memberikan akses pada berbagai macam natural oils dan mengedukasi manfaatnya pada kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk menyembuhkan anak, melainkan untuk emotional healing, beauty, bahkan untuk membersihkan rumah.

Nah di workshop ini saya banyak belajar berbagai macam hal baru yang saya buat dalam dot points. Dibawah ini merupakan beberapa pengertian dasar mengenai aromatherapy yang saya dengarkan dari penjelasan, maupun saya copy dari booklet Organic Supply Co (CMIW):
  • Aromatherapy adalah penggunaan natural oils yang di extract dari bunga, daun, akar, maupun bagian-bagian dari tumbuhan lainnya untuk meningkatkan psychological dan physical well-being.
  • Essential oils merupakan concentrated plants extract.
  • Carrier oils merupakan base or vegetables oils untuk melarutkan essential oil agar mudah diserap oleh kulit. (Contohnya: coconut oil, jojoba oil, almond oil, etc)
  • Beberapa cara mengenali high quality essential oils adalah dengan melihat labelnya harus ada tulisan 100% pure dan organic, memiliki nama latin (eg: Mentha Piperita untuk Peppermint), disimpan di botol yang gelap, dan harga setiap botol berbeda-beda dan tidak disamaratakan. 
  • Salah satu cara mengetes essential oil pure atau tidak, adalah dengan cara meneteskannya ke kertas yang agak tebal, kalau menyerap dengan cepat dan tidak meninggalkan bekas ring berarti pure.
Banyak sekali informasi menarik yang didapatkan apabila mengikuti workshop tersebut, mulai dari carrier oils apa yang mudah menyerap kulit, lalu yang paling menyenangkan adalah saat diajarkan untuk campur-menyampur essential oil dan carrier oil untuk menciptakan aromatherapy. Rasanya seperti anak-anak yang sedang bermain sensory play, atau sedang bermain masak-masakan. Karena kita bisa mencium berbagai macam wangi yang menyegarkan, dan mencampur-campur untuk menciptakan formula yang baru

Sesi pertama dimulai dengan membuat aromatherapy for common ailments. Ada pilihan resep untuk membuat berbagai macam ramuan, seperti mengatasi constipation, cough relief, immunity, diarrhoea, allergies, muscle relief maupun PMS. Karena saya memiliki autoimmune, tentunya pilihan saya langsung tertuju ke immunity. Cara membuatnya ternyata mudah sekali lho. Campurkan 17 drops Cajeput, 6 drops Lavender, 8 drops Lemon, dan 5 drops Fennel, lalu campurkan dengan 30ml carrier oil. Saya memilih Coconut Oil untuk campuran yang ini, tapi bebas bisa oil yang mana saja ya. Wanginya enak, karena mayoritas cajeput alias kayu putih, jadi wanginya seperti kayu putih deh.

Berikutnya dilanjutkan dengan aromatherapy for emotional healing. Lately saya gak tau kenapa emosian banget, dan gampang sekali marah dengan anak, suami, dan lain-lain, padahal masa PMS sudah lewat. Sehingga langsung tertarik saat ada yang namanya emotional healing untuk anger! Campurannya hanya 1 drop lavender, 1 drop geranium, dan 1 drop lemon lalu campur dengan 10ml carrier oil. Disini saya pilih almond oil. Semoga benar-benar efektif, karena saya perluuu banget nih sepertinya, terutama sedang bulan puasa.

Selanjutnya, membuat inhalers for on the go aromatherapy, disini bingung mau memilih antara migrain atau memory. Tapi karena lebih sering lupa dibandingkan migrain akhirnya pilih campuran yang dapat improve memory. Campurannya adalah 8 drops basil, 8 drops rosemary, 5 drops lemon dan 4 drops black pepper langsung diteteskan ke dalam tissue yang ada di dalam inhaler.

Nah ini yang kedua dari terakhir, pasti banyak yang tertarik, yaitu aromatherapy for beauty. Saya memilih membuat nourishing face mask for dull and dehydrated skin. Warnanya pink menggemaskan dan wanginya enak sekali! Satu point penting dalam mencampur adalah gunakan sendok kayu, jangan metal karena clay dapat menyerap metal.

Baru tau juga ternyata selain kesehatan dan beauty, aromaterapy dapat digunakan untuk rumah juga lho! Ada pilihan membuat hand sanitizer, dishwashing liquid, ant spray, dan saya membuat all cleaning purposes spray. 


Sedih juga pas sudah sampai di ramuan yang terakhir karena senang banget campur-mencampur, rasanya therapeutic untuk saya. Nah untuk yang ingin mengetahui lebih banyak tentunya bisa langsung visit Organic Supply Co untuk bahan-bahan dasarnya dan bisa coba cari-cari sendiri resep dengan klik di google Aromatherapy Recipes sesuai dengan yang diinginkan. Sejak mengikuti ini jadi tambah tertarik dengan aromatherapy dan ingin coba campur-campur sendiri di rumah! Semoga ilmunya bermanfaat ya. Ada yang penggemar aromatherapy disini? 

3 comments

  1. Sukaaa bacanya mbak nesya, salam kenal, saya jg suka bgt mencampur oil. Arie

    ReplyDelete
  2. Mba mau tanya klo untuk beuty campurannya apa aja ? sukaaaa baca blognya :)

    ReplyDelete
  3. Hai mba... salam kenal^^
    Ya, saya juga tertarik sekali dengan essential oil. Sedang berjalan 7 bulan belajar ttg EO.
    Suka percobaan oil blend untuk diffuse :)

    ReplyDelete

© Productive Mamas Blog