SLIDER

PM 1ST ANNIVERSARY PLAYDATE


Pada hari Selasa tanggal 26 April 2016, kami baru saja mengadakan PM 1st Anniversary Intimate Playdate. Seperti judulnya, acara ini memang dibuat untuk merayakan ulang tahun pertama productivemamas.com dan sengaja kami sebut Intimate Playdate karena pesertanya kami batasi hanya 8 orang saja serta diadakan di rumah. Nothing fancy, but it was amazingly fun! Sebelum membaca artikel dibawah, maafkan gaya bahasa yang campur aduk, karena artikel ini merupakan kombinasi dari tulisan dari Nesya dan Irna. Paragraph yang menggunakan kata 'saya' ditulis oleh Nesya, dan 'kami' ditulis oleh Irna.

Niat awalnya membuat playdate ini, memang ingin mengenal readers PM lebih baik lagi. Karena saat awal mulai, PM dikenal dengan playdate-nya, namun seiring waktu tidak ada lagi deh playdate-playdate ini dengan berbagai alasan. Mulai dari sibuk, saya sering sakit, dan sebagainya. Namun alasan sebenar-benarnya adalah somehow saat acara ini mulai banyak sponsor-nya dan memiliki peserta lebih dari 10 orang, playdate ini menjadi kurang menyenangkan. Mungkin dari sisi saya agak ter-pressure yang membuat saya nervous. Lalu saat diadakan di tempat umum, anak-anak gampang ter-distract jadi hanya bertahan main sekitar 10 menit lalu lebih asik lari-larian. Selain itu karena saya hanya berdua dengan asisten rumah tangga saya Iis, kami sibuk sekali menyiapkan, foto dan banyak faktor lainnya yang harus diperhatikan sehingga tidak bisa banyak mengobrol dengan mama-mama yang datang. Sehingga menurut saya acara playdate-nya jadi kurang bermanfaat. Walaupun kalau kata saran teman sih, tentu gak bisa memuaskan keduanya. Kalau mau buat playdate aktivitas anak ya fokus saja sama anaknya, kalau mau buat aktivitas untuk ibunya ya tidak usah bawa anak. Ada benarnya sih, tapi untuk playdate PM inginnya dua-duanya happy dan so far saya belum bisa mendapatkan itu. Karena saya ingat sekali saat awal menjadi ibu dulu, teman ibu-ibu saya hanya segelintir, dan mengikuti playdate maupun workshop-workshop adalah cara saya juga untuk menambah teman untuk Dio dan saya sendiri. 

Akhirnya saya nekat saja sih membuat playdate ini dan beranikan diri announce di blog tanggalnya, agar mau gak mau saya jadikan. Sekarang saya lebih berani juga karena sudah ada Irna. Irna juga meyakinkan saya, gak apa-apalah buat saja di rumah agar lebih santai suasananya. Kami berdiskusi dan setuju bahwa untuk menentukan siapa yang akan diajak ke playdate ini, adalah yang cukup rajin membaca blog dan komen di artikel PM yang ini. Kami juga sudah menyiapkan pertanyaan ice breaker, pertanyaan lucu-lucuan, dan pertanyaan untuk memenangkan goody bag.

Acara playdate dimulai jam 10 pagi, ketika mood anak-anak masih sangat bagus sehingga mereka sangat antusias bermain. Untuk warming up, kami membiarkan anak-anak bermain bebas dengan semua mainannya Dio (thank you Dio yang sudah berbaik hati mau meminjamkan semua mainannya ke teman-teman). Sementara anak-anak bermain, mama-mama mulai asik berkenalan dan ngobrol satu sama lain. 

Kira-kira pukul 10:30 kami memulai sensory play dengan membuat cloud dough. Anak-anak sangat cooperative dan mau dengan sabar menunggu giliran untuk menuangkan air ke dalam bin yang sudah berisi tepung maizena. Lalu mereka sibuk mengaduk dan mencetak could dough menjadi bentuk pesawat, kura-kura, bunga, dan kepiting. Tanpa diperintahkan, mama-mama yang datang juga sangat interaktif pada anak-anaknya. Sambil bermain mereka masing-masing ajak anaknya mengobrol, bertanya mengenai tekstur, warna, bentuk, dan terus berinteraksi dengan anaknya sehingga anak-anaknya juga terlihat senang bermain. 

Sekitar 15 menit mengobrol dengan anak masing-masing, sambil bermain, kami mulai berkenalan dengan para mama. Masing-masing menyebutkan nama, usia anak, dan kegiatan sehari-hari. Tanpa disangka, perkenalan ini langsung berlanjut dengan sharing session. Banyak yang bertanya, berkeluh kesah, dan juga berbagi pengalaman seputar parenting. Kami semua mengobrol dengan asik layaknya teman lama, kamipun tidak jadi mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang kami siapkan di awal, karena para mama sudah asik ngobrol masing-masing. Anak-anak pun berinteraksi dengan sangat baik satu sama lain. Sangat surprise dengan betapa manisnya anak-anak di playdate kali ini! Benar-benar hampir tidak ada yang berlarian dan betah duduk dari awal sampai kegiatan sampai hampir selesai. 

Step kedua adalah merubah cloud dough tersebut menjadi oobleck dengan menambahkan air. Tekstur oobleck yang unik memang selalu menjadi favorit anak-anak, walaupun ada beberapa diantara mereka (termasuk Kelana) yang menolak dan tetap asik bermain dengan cloud dough. Anak-anak makin asyik bermain, bahkan banyak yang sudah bermandikan oobleck ke seluruh tangan sampai kepalanya. Mereka tampak sangat senang dan tidak mau beranjak dari tempat duduknya. Tidak terasa waktu sudah pukul 11.30 dan perut kami pun mulai lapar.  Terpaksa para mama harus membujuk anak-anak untuk membersihkan diri secara bergantian. 

Selesai mandi dan bebersih kami melanjutkan acara dengan lunch bersama. Beberapa anak-anak tampak sangat tidak sabar untuk segera menikmati macaroni panggang dari @Mamacanna dan mencoba variasi sushi-sushi yang menarik dari @KotakuHikari! Selesai makan kami pun melanjutkan dengan menikmati dessert brownies, thai milk tea dan green tea yang dari Mamacanna. Setelah makan siang kami masih tetap asik mengobrol dan anak-anak pun langsung lanjut bermain dengan mainan-mainan Dio. Hebatnya, walaupun baru kenal mereka langsung bisa main bersama. 


But it’s time to say goodbye.. Karena sebagian besar anak terlihat sudah mulai mengantuk, termasuk Dio yang menjadi agak cranky. Lucunya, beberapa anak menolak diajak pulang dan bahkan sampai ada yang menangis. It was a very happy day indeed and we can’t wait for our next playdate! 

Special thanks untuk mama Puput, Nayang, Nicke, Nila, Tika, Uti, dan Ranti serta anak-anaknya yang sudah datang dan bermain bersama. So nice meeting all of you, Mamas! Rencananya sih kami ingin buat acara kumpul-kumpul lagi mungkin di playground dengan mama-mama ini, apakah pada tertarik?

Love,
Nesya & Irna

2 comments

  1. Tertariiiik!:) thank u so much utk mama Nesya n mama Irna yg Ud menginitiate acara ini. Special thanks juga utk dio yg manis banget bolehin anak2 yg baru dia kenal utk mainin makanannya dan utk mbak iis yg ramah dan helpful. Jujur, yg ada di pikiranku pertama Kali adalah, ini beneran mama ney ngundang mama2 lain ke rumahnya, padahal kan belum kenal sebelumnya. Nanti suasananya bakal awkward nggak yah. Tapi ternyata suasananya langsung cair. Para peserta langsung kebawa aura positif dan easy going dari mama Irna serta aura seru dan ceria dari mama ney:)))

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

© Productive Mamas Blog