SLIDER

WISATA KELUARGA KE BATU, MALANG

Saya sempat menulis blogpost mengenai Batu, Malang di personal blog saya sekitar setahunan yang lalu pada bulan January 2015. Saya rasa sayang kalau tidak di share di blog PM, karena tempat-tempatnya sangat worth it untuk dikunjungi! Jujur awal diajak ke Malang oleh orang tua saya, sempat pesimis, karena gak sempat research dulu dan waktu itu Batu belum sepopuler sekarang. Tapi setelah pulang dari sana, kalau disuruh mengunjungi lagi dan lagi saya gak akan bosan rasanya! Sebagian besar tempat wisatanya bersih, terawat dan kualitasnya juga bagus-bagus. To be honest, lebih bagus dari pada yang ada di Jakarta.. Yuk yang penasaran, langsung kita lihat tempat-tempat wisata di Batu, Malang!

  • Museum Angkut: Tiket masuk per-orang Rp 60.000 saat weekdays dan Rp 80.000 untuk weekend. Seingat saya Dio waktu itu tingginya masih sedikit dibawah 85cm, sehingga masih gratis. Jujur saat masuk saya sempat sedikit kecewa (kebiasaan ya kayanya, belum dijalanin udah pesimis? haha). Awal masuk benar-benar seperti museum jadul saja, di gedung kaca 2 lantai. Kualitas mobilnya tentu bagus-bagus, tapi rada membosankan. Tapi ternyata oh ternyata, gak nyangka banget setelah keatas ada pintu untuk keluar. Bagian outdoor-nya seru banget! Terutama untuk foto-foto. Setiap area dibuat sedemikian rupa, sehingga memiliki tema yang berbeda-beda, dan variasi jenis angkutannya benar-benar beragam! Kebetulan saat itu Dio lagi tergila-gila sama segala macam kendaraan (well sampai sekarang sih, namanya juga anak laki ya?), jadi senang sekali melihat macam-macam transportasi! Museum Angkut WAJIB sekali untuk dikunjungi di Batu. 
  • Jatim Park 2: Jatim Park 2 ini terdiri dari Batu Secret Zoo, Museum Hewan, Water Park, dan tempat bermain seperti di Dufan. Paling bagus adalah Batu Secret Zoo, bersih dan binatangnya lucu-lucu banget, bukan binatang yang akan ada di kebun binatang biasa. Untuk di satu tempat ini saja bisa menghabiskan waktu setengah hari, kalau mau main rides ataupun water parknya, make sure luangkan waktu seharian disini. Tidak perlu ambil tour hemat yang seharian bisa masuk Jatim Park 1 dan 2, karena akan sangat lelah pasti.
  • Jatim Park 1: Setelah dari Jatim Park 2 akan agak kecewa ke Jatim Park 1, karena memang bangunannya lebih lama dan luasnya lebih kecil. Sehingga kalau memang ada rencana untuk mengunjungi keduanya, baiknya kunjungi 1 dulu baru ke-2 berikutnya. Tapi kalau di Batu rencananya hanya 2-3 malam, lebih baik Jatim Park 1 ini dijadikan low priority, terutama untuk yang anaknya masih dibawah 3 tahun. Walaupun begitu park ini oke juga kok, karena memiliki banyak educational aspects dibanding Jatim Park 2, dan agak mirip seperti Taman Mini, ada informasi mengenai propinsi di Indonesia, serta science experiment, walaupun beberapa alat ada yang sudah rusak. Saat kami kesana banyak area yang sedang di perbaiki juga, jadi reviewnya agak biased. Mungkin sekarang sudah lebih baik. Ada yang sudah pernah datang akhir-akhir ini? Ada juga aquarium berisi ikan-ikan, beberapa permainan seperti roller coaster serta rumah hantu. Seru-seru saja sih asal rame-rame, namun kami sekeluarga hanya disini 2 jam saja, karena memang tidak terlalu banyak naik rides-nya.
Jatim Park 2

Jatim Park 1
  • Batu Night Spectacular: Ini seperti Dufan slash night market karena isinya permainannya macam-macam dengan lampu warna warni. Hanya buka di malam hari diatas jam 5. Wisata malamnya wajib kesini sih, seru. Terutama yang suka naik yang tinggi-tinggi. Mengingatkan saya akan festival-festival malam dulu saat kuliah di Melbourne, namun ini versi lebih kecilnya.
  • Kusuma Agrowisata: Malang tentunya terkenal dengan apelnya, sehingga selagi di Malang kami melakukan wisata memetik apel. Kusuma agrowisata ini adalah yang paling dekat dengan hotel kami. Disitu kami memetik jambu (sadly belum ada yang matang), dan apel (juga belum manis). Untuk ke kebun-kebun tersebut jalannya lumayan jauh, jadi tidak disarankan untuk orang tua yang sudah sulit jalannya atau memakai kursi roda. Kalau yang memiliki tujuan ingin memakan apel yang manis, lebih baik beli di toko saja karena lebih murah dan  lebih manis. Disini dibatasi 2 apel per-orang. Kebunnya pun dibatasi yang boleh dipetik, yang pohonnya besar-besar dan banyak apelnya tidak boleh dipetik. Karena kami datang di bulan Januari sehabis musim liburan jadi, yang bagus-bagus sudah pada habis. Namun kalau kami tetap senang-senang saja berjalan-jalan di kebun apel. Yang penting pengalamannya bukan? 

Dari tempat-tempat yang didatangi, untuk yang hanya punya waktu sebentar di Batu, aku menyarankan untuk WAJIB ke Museum Angkut & Jatim Park 2. Tapi untuk yang lama, bisa mengunjungi semua yang diatas plus Ecopark & Water Park. Di Batu ini banyak sekali water park, kemarin saja sudah ada 5 yang kami lewati, jadi jangan lupa untuk bawa baju renang!

Where to stay?
Banyak orang yang sudah ke Batu, akan merekomendasikan Pohon Inn Hotel karena terletak di dalam Jatim Park 2, sehingga mudah berjalan kaki ke tempat wisatanya. Katanya bisa melihat binatang juga langsung dari balkon hotel. Namun karena kami pergi cukup banyak orangnya, kami coba mencari option lain. 

Waktu itu saya pergi dengan orang tua saya, suami, anak, adik, dan mbak yang bantu merawat saya dari usia 3 bulan jadi sudah seperti keluarga. Sehingga kita memutuskan untuk tinggal di Klub Bunga Butik Resort, agar bisa di Villa dengan 3 kamar. Secara tujuan orang tua saya mengajak jalan-jalan adalah agar setiap hari bisa main dengan Dio. Jadi mereka ingin yang ada ruang tamunya dimana bisa bermain bersama. Resort ini masih satu grup dengan Jatim Park, sehingga terletak bersebelahan dengan Jatim Park 1. Walaupun begitu untuk ukuran orang Indonesia, tidak terjangkau untuk jalan kaki. Sehingga kalau rencana menginap disini, jangan lupa untuk sewa mobil.

Fasilitas villa ini cukup lengkap. Terutama untuk suami saya yang fanatik olahraga, senang sekali ada kolam renang air hangat, lapangan basket indoor dan outdoor, tennis, ping pong, pokoknya berbagai macam ada. Ada kids clubnya juga, walaupun tidak ada yang jaga, tapi bebas bermain perosotan dan membaca buku disitu. Overall cukup puas, dengan villa ini. 

Where to eat?
Jujur saya belum bisa kasih rekomendasi banyak untuk ini. Karena tipe keluarga kami memang bukan yang suka kuliner. Penggemar makanan enak sih, tapi bukan yang suka mencari-cari atau ngebelain banget gitu..hehe. Jadi kemarin kami makan yang efisien saja, antara yang lewat, atau dekat dengan villa. Selama itu belum ada yang terlalu berkesan, kecuali Warung Bethania. Tempatnya ini bisa dibilang restaurant sih, hanya namanya saja 'warung'. Tapi memang gak pakai AC, karena kami makan saat malam hari, dan di Batu adem kalau malam. Karena malas cari-cari resto lagi, 2 malam berturut-turut kami makan disini. Seingat saya gurame dan sambalnya yang enak, tapi hampir semua di menu enak kok. Resto ini selalu ramai sekali, jadi saya anjurkan agak early kalau mau datang. 

Oiya foto-foto diatas merupakan foto liburan seru-seruan saja, gak terlalu memperlihatkan fasilitas yang dimiliki oleh setiap tempat. Jadi untuk yang mau tau fasilitas lengkapnya, harga, jam buka, alamat dan detail lainnya mengenai tempat-tempat tersebut, semua judulnya sudah saya link ke original website-nya. Website-nya cukup jelas dan lengkap, jadi bisa langsung klik saja ya judul yang sudah di bold.

Overall such a pleasant experience in Batu. Looking forward to get back there one day. Mungkin kalau Dio sudah lebih besar, jadi lebih bisa menikmati permainan, dan hiburan lainnya. Worth a visit! 

Untuk yang punya rekomendasi tempat wisata maupun tempat makan yang wajib untuk di kunjungi di Batu yang belum saya mention diatas, yuk bisa share di komen ya! :) 

22 comments

  1. hahah aku baru liat ini.. bagusss bangettt, pengen ih ke malang kynya asik yaa..tp sebel bgt foto yang kamu ketawain dio takut sama kuda atau domba atau apalah itu kliatan mulutnya doang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHHAHAHA Iya! Kocak ya foto itu, padahal akunya juga takut soalnya agresif banget minta makannya itu si llama deh kayanya. Iya na! Seru banget lho, pasti anak-anak suka banget, ga kalah lah ama luar negri. Tapi as usual jangan pas liburan anak sekolah, kata adek aku rame minta ampun.

      Delete
  2. Mba nesyaaa aku rencana 2 minggu lagi mau ke malang, pas banget baca ini! Dan kayaknya mau nginep di Kusuma Agrowisata itu, bagus kah tempatnya mba? Kalau villa di Klub Bunga, ada ACnya gak? Kebanyakan hotel di batu gak pake AC ya padahal batu udah gak sedingin dulu katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak!! Maafin aku baru baca komen ini. Bagus kok tempatnya! Kayanya bisa dibilang salah satu hotel yang paling bagus di Batu deh. Iya mbak, yang ada AC waktu itu 1 kamar doang yang diatas, 2 kamar lainnya gak pake AC, cuman waktu aku kesana masih sejuk kok, jadi lumayan kok enak adem. Have a happy holiday!! :)

      Delete
  3. Mantab. WIsatanya sangat indah sekali. Tampat yang bagus. Salam kenal dari Sewa Mobil Malang Simpati 082141 555 123

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  5. mbak Nesya, link nya hotel Pohon Inn yang bener di http://www.pohoninn.jawatimurpark2.com/, yg di link keliatannya cuman web purax2 nya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya sudah dikoreksi! Coba aku segera betulkan deh kalau begitu :)

      Delete
  6. Bagus sekali info nya...
    Bisa di jadikan panduan utk saya dan keluarga..

    From
    Lyana(from Malaysia but stay in Jakarta)

    ReplyDelete
  7. Bagus sekali info nya...
    Bisa di jadikan panduan utk saya dan keluarga..

    From
    Lyana(from Malaysia but stay in Jakarta)

    ReplyDelete
  8. jadi pengen ke malang kak, pengen ke 5 tempat di malang yang bikin liburanku lebih bermakna

    ReplyDelete
  9. Coba berwisata arung jeram di Tasikmalaya yuk!
    https://www.youtube.com/watch?v=jG7VIpm3RAg

    ReplyDelete
  10. Mba, waktu ke malang naik apa? Aku dari jakarta ada rencana family trip ke malang, tapi masih bingung akomodasinya

    ReplyDelete
  11. Yuk Kak Coba Wisata Ke Jogja Ajak Orang Tercinta atau Keluarga.
    Jogja Kota Wisata Dengan Berbagai Destinasi Wisata Yang Menarik. Yuk Liburan Keliling Jogja Bersama Kami www.victor-wisata.com

    VICTOR WISATA Melayani :
    - PAKET WISATA/FAMILY GATHERING
    - RENTAL MOBIL/ELF/BUS
    - JASA PEMANDU WISATA
    - RESERVASI HOTEL
    - SEWA HOMESTAY

    Sewa mobil keliling Joja tarif mulai Rp. 400.000 (Include : Mobil+BBM+Driver)

    Hubungi Kami : 081915537711 - 082137676966
    PIN BBM :D283472C – 51843E1D

    ReplyDelete
  12. wah kalo di museum angkut paling pas itu sore sekitar jam 5 buat foto2 spot dan suasananya mantap

    ReplyDelete
  13. Untuk hari ke 1. Tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah jatim park 2 lanjut museum angkut dan malamnya ke bns.

    Untuk hari ke 2. kunjungi : Tempat Wisata Di Batu Malang

    ReplyDelete
  14. mungkin nanti kalau berkunjung ke malang lagi bisa ke pantai - pantai di malang selatan yang indah - indah

    ReplyDelete
  15. bisa mampir lagi ke malang masih banyak tempat wisatanya

    ReplyDelete
  16. Salam kenal mba..
    Mau tanya, utk transportasi selama disana gmn? Sewa mobil atau gmn?
    Thankssss

    ReplyDelete
  17. artikel bagus...datang lg ke Batu yuuk..jangan cm yg buatan, adventure ke alam jg gak kalah bagus...

    ReplyDelete

© Productive Mamas Blog