SLIDER

2 FUN WATER MESSY PLAY


Sudah lama Dio gak messy play, karena akhir-akhir ini lebih sering jalan-jalan keluar rumah. Hari Kamis kemarin kebetulan kami sedang seharian di rumah dan Dio bilang mau main sama mama pakai alas. Kalau pakai alas main itu berarti mainan DIY yang saya buat sendiri, sudah tau banget intinya dia ingin messy play. Karena lagi gak kepikiran buat apa-apa, akhirnya coba yang paling simple aja, yaitu air. Dari air saya membuat dua permainan edukatif simple, yang bisa menyenangkan untuk segala usia! 

Ide awal sebenarnya saya ingin bermain perbandingan bersama Dio, karena melihat gelas-gelas plastik nganggur. Caranya mudah banget! Siapkan gelas bening kosong, tulis dengan spidol (baiknya permanent marker, supaya gak hilang-hilang kaya punya saya). Siapkan 7 gelas, lalu berikan tanda batas dan tulisan 1/4 ke 4 gelas, tulisan 1/2 ke 2 gelas, dan tulisan 1 ke 1 atau 2 gelas. Caranya mainnya adalah minta anak tuang air ke gelas-gelas tersebut sesuai dengan batasnya (kecuali gelas dengan angka 1).  

Melihat di gelas tersebut anak memiliki pengertian akan apa itu 1/2 dan 1/4. Setelah itu coba tanya, supaya gelas dengan angka 1 penuh, bagaimana caranya ya? perlu berapa 1/4. Diulang lagi proses yang sama menggunakan gelas isi 1/2. Gak ada intention untuk memaksa anak belajar matematika disini, tapi lebih memberikan pengertian saja. Namun sepertinya Dio belum mau mengikuti instruksi atau penjelasan saya, karena lebih asik tuang menuang bebas. It's okay, we'll try again next time!

Disela-sela sedang tuang-menuang, tiba-tiba anaknya inisiatif mencampur warna biru dan merah jadi magenta. Pas melihat itu, saya coba ganti permainanya.

Akhirnya coba isi gelas-gelas tersebut dengan semua warna yang ada. Lalu mengenal percampuran warna. Seperti biru campur kuning sama dengan hijau, merah campur kuning sama dengan orange, biru campur merah sama dengan magenta. Lagi-lagi Dio kurang tertarik kalau 'disuruh-suruh-, akhirnya berhasil mencampur magenta saja, dan sisanya dicampur semua warna jadi satu sehingga awalnya berubah jadi coklat dan lama-lama menjadi hitam..haha..oh well.

Sepertinya tergantung dengan mood anak, tapi gak apa-apa dicoba lagi next time! Oiya tips dari saya, lebih baik main ini di kamar mandi ya, karena sudah pasti dituang semua sampai habis airnya, jadi walaupun sudah dialasin gak pengaruh. Selamat mencoba!

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog