SLIDER

TACTILE BALLOONS


Saya memiliki 'Magic Box' di pojokan rumah yang berisi segala macam bahan dan peralatan bermain bersama Dio. Bukan magic box sih..haha, lebih tepatnya arts and craft box! Jadi kalau dulu sekali, saat mau bermain dengan Dio, saya langsung buka Pinterest atau beberapa blogger favorit, lalu pilih yang paling menarik dan mudah dibuat, baru buat list belanjaan. Tapi karena sekarang sudah lumayan banyak stok barang, cara bermainnya dibalik. Kalau Dio bilang ingin bermain sesuatu, saya ajak dia lihat-lihat box tersebut lalu tanya saja, "Dio mau main apa?". Kebetulan kali ini dia menunjuk balon, jadilah tactile balloons!

Sebenarnya main dengan balon paling seru dilakukan outdoor, bisa water balloon, ballon paint, dan bisa cek bermain dengan balon lainnya disini. Tapi kali ini lagi ingin santai-santai dalam rumah saja, karena pas hujan juga.

Mudah sekali cara buatnya cukup straight forward. Isi 1 balon 1 bahan, lalu isi setiap balon dengan bahan yang berbeda-beda. Bisa dengan tepung, garam, gula, berbagai macam jenis kacang, playdough, air, gel, minyak, shaving cream, berbagai bentuk pasta, dan apapun yang bisa masuk ke dalam balon bisa saja dipakai. Tapi untuk kali ini saya pilih yang ada di rumah, yaitu tepung terigu, kacang kedelai, pasta, air, dan playdough

Memasukan isinya kedalam balon agak tricky dan lama, jadi saya minta tolong suami. Sebenarnya akan lebih mudah kalau punya corong, atau pakai botol air bekas dan potong bagian atasnya. Tapi kemarin gak punya corong dan gak kepikiran pakai botol plastik dipotong, jadilah satu-satu dimasukan. 

Saya menggunakan wadah bekas telur untuk alas, agar mudah dicocokan. Awalnya Dio sempat mengira tepung itu playdough, namun ia coba kocok-kocok ada suaranya halus, langsung ia pindahkan ke tempat tepung. Permainan ini bermanfaat untuk melatih sensory anak terutama peraba, penglihatan dan pendengaran.

Untuk usia Dio yang hampir 3 tahun, sepertinya menggunakan 5 balon ini terlalu mudah. Dalam 5 menit ia sudah bisa 5 kali mencocokan dan bongkar pasang. Sisa 15 menit lagi balonnya diremas-remas, di gunting-gunting, dan di berantakin isinya..






Untuk lain waktu, sepertinya saya akan coba buat lagi tapi menggunakan 15-20 texture yang berbeda sekalian agar Dio tidak cepat bosan! Oiya, ada yang sudah pernah bermain tacticle balloons ini? Share yuk usia dan reaksi anak saat bermain!

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog