SLIDER

DIY CONGKLAK (MODIFIKASI)


Sempat ngobrol-ngobrol dengan salah satu contributor PM juga, Irna, kok kita sekarang sudah jarang ya memainkan permainan tradisional Indonesia. Nah jadi kepikiran untuk memperkenalkan Dio dengan permainan tradisional tapi versi modifikasinya. Hari ini, saya membuat versi modifikasi congklak, dengan bahan yang ada di rumah. Yuk dicoba!

Congklak sendiri dimainkan oleh 2 orang, dan biasanya terbuat dari kayu yang berat yang memiliki 7 lubang kecil yang saling berhadapan (total 14 lubang). Serta 1 lubang besar di kedua sisinya (total 2 lubang besar). Selain itu setiap lubang kecil diisi oleh 7 biji congklak, sehingga diperlukan 98 biji congklak (14x7) untuk dimainkan. Dimulai dengan mengangkat bijian dari salah satu lubang kecil dan dijalankan searah jarum jam. Pemain dengan biji terbanyak, akan menang.

Nah karena kayu congklak ini relatif berat, dan lebih sulit ditemukan sekarang ini, saya mencoba membuat sendiri dengan bahan yang ada di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan sangatlah mudah. Hanya karton atau plastik bekas tempat telur, kacang-kacangan (disini saya memakai kacang kedelai), pewarna makanan (optional), dan 2 mangkok kecil sebagai pengganti lubang besar.




Saya ingin kacangnya warna-warni agar anak lebih tertarik memainkannya. Sehingga kacang kedelai saya berikan sedikit warna menggunakan pewarna makanan. Tapi sebenarnya tidak diwarnai juga tidak apa-apa, karena congklak yang original juga tidak warna-warni. Apabila merasa kacang kedelai terlalu kecil, bisa diganti dengan playdough yang dibentuk bulat, kemiri, atau kacang-kacangan lainnya. Nah karena menggunakan kacang-kacangan kecil, lebih baik ini dimainkan oleh 3 tahun keatas dan dengan pengawasan penuh ya moms. Dio pun (2tahun 10bulan), lebih senang sendok menyendok dan tuang menuang kacang-kacangannya, belum mau mengikuti instruksi. Sepertinya 5 tahun keatas baru akan 'mudeng' bermain dengan ini.

Gunakan wadah telur untuk bermain. Walaupun wadah telur hanya memiliki 6 lubang kecil di setiap sisinya, tapi konsepnya tetap sama. Mangkok kecil diletakkan di setiap sisi, dan dipakai sebagai pengganti lubang yang besar. Taadaa! Super mudahkan cara membuatnya? Have fun!

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog