SLIDER

KEBUN RAYA CIBODAS (CIBODAS BOTANICAL GARDEN), PUNCAK



Puncak merupakan salah satu tempat liburan favorit keluarga kami. Bukan hanya karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, banyak juga tempat-tempat menarik yang bisa di explore di Puncak. Seperti biasa, tanpa ada rencana sebelumnya, weekend kemarin kami memutuskan untuk berjalan-jalan ke puncak, tetapi kali ini kami akan menginap, karena sudah lumayan lama juga tidak mengajak anak-anak liburan. Untuk menghemat waktu, kami langsung berangkat sehabis sarapan. Karena tanpa rencana, agak effort juga cari hotel yang masih available pada saat weekend. Setelah menelpon dan mendatangi beberapa hotel yang kami lewati diperjalanan, akhirnya kami mendapatkan kamar di hotel Novus, dan tanpa direncanakan menghampiri Kebun Raya Cibodas.

Kami mendapatkan kamar di lantai 2 dengan view langsung ke kolam renang. Kamarnya cukup besar dan kasurnya pun luas, sangat nyaman untuk kami tidur berlima. Hotel Novus ini ternyata sangat ramah anak. Selain kolam renang outdoor yang besar, dia juga mempunyai kebun kelinci dan kids club yang cukup luas. Anak-anak sangat happy karena mereka bisa memberi makan kelinci dan bermain dengan leluasa di kids club.  Selain itu anak-anak juga bisa naik kuda atau jogging pagi mengelilingi hotel. Sehari semalam pun terasa sangat singkat karena banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan di dalam hotel.







Sebelum pulang ke Jakarta, kami berkunjung ke Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden). Kami sampai disana kira-kira jam 1 siang dan udaranya cukup panas. Sebenarnya tiket masuknya cukup murah, tetapi berlapis-lapis. Pertama kita memasuki gerbang area wisata Cibodas dan harus membayar Rp 3,000 per orang (2 tahun +) dan Rp 8,000 per mobil. Lalu kami melewati banyak toko-toko dan warung pinggir jalan yang menjual makanan dan oleh-oleh, kami langsung di arahkan ke area parkir. Rupanya sekarang mobil pribadi tidak boleh lagi masuk ke dalam area kebun raya dan harus parkir diluar. Harga parkirnya Rp 10,000 dan dibayarkan saat itu juga ke tukang parkirnya. Lalu kami berjalan kaki memasuki gerbang Kebun Raya Cibodas dan menuju ke loket untuk membayar tiket masuk seharga Rp 9,500 per orang (4 tahun+)

Memasuki area kebun raya, langsung disambut hawa yang sejuk dan segar, mungkin karena sama sekali tidak ada polusi jadi udaranya sangat bersih sehingga langit pun terlihat cerah. Banyak sekali orang yang piknik membawa makanan sendiri. Tetapi untungnya management kebun raya cukup tegas dalam hal kebersihan dan menyediakan banyak sekali tong sampah dimana-mana. Jadi biarpun banyak sekali orang piknik tetapi kebersihannya cukup terjaga dengan baik.

Area kebun raya Cibodas sangat luas, terletak di kompleks hutan Gunung  Gede Pangrango, dengan struktur tanah yang berbukit-bukit, banyak sekali objek wisata yang bisa kita explore di dalamnya. Antara lain ada 3 air terjun, taman bunga, taman tumbuhan lumut, bukit-bukit dengan jalan setapak, teater alam terbuka, dll. Pihak Kebun Raya Cibodas juga menyediakan camping ground dan guests house untuk para tamu yang ingin bermalam. Ada juga area pendopo, shelter dan beberapa area datar untuk mendirikan panggung.

Di dalam kebun raya disediakan mobil WaraWiri yang bisa mengajak kita berkeliling ke seluruh area kebun raya cibodas, tetapi karena kami membawa stroller yang cukup besar, kami tidak bisa ikut berkeliling dengan mobil tersebut. Jadi kami berjalan kedalam melintasi rumput, mencari tempat yang lebih sepi dan tenang untuk bersantai. Makin jauh masuk ke dalam, udaranya semakin segar dan sejuk, matahari yang cerah pun tidak terasa menyengat karena banyak tertutup pohon. Kami terus berjalan turun ke bawah dan berniat mencari air terjun, karena anak-anak belum pernah melihat air terjun yang asli. Awalnya kami melewati jalan setapak, tetapi sayangnya jalan tersebut putus ditengah berganti dengan tangga dan bebatuan yang tidak bisa dilalui stroller. Kami pun memutar dan mencari jalur mobil yang sebenarnya jaraknya lebih jauh tetapi tracknya aman untuk anak-anak dan yang penting bisa dilalui stroller.

Setelah berjalan cukup jauh, akhirnya kami sampai di air terjun yang pertama yaitu air terjun Cibogo. Kami memutuskan untuk bermain bukan tepat di air terjunnya tetapi di area yang agak landai sehingga anak-anak bisa “nyemplung” ke sungai dan bermain di anak air terjun. Airnya ternyata sangat jernih dan dingin, anak-anak pun amazed dan langsung excited untuk “nyemplung” tanpa pikir panjang. Main-main terpaksa kita sudahi karena mulai mendung dan gerimis. Setelah berganti baju kami pun kembali berjalan ke atas.






Jalan yang jauh menanjak lumayan bikin kami kelelahan, jadi saat sudah sampai di area yg agak landai, kita memutuskan untuk istirahat dulu di rumput. Melihat hamparan rumput hijau yang empuk dan bersih begitu luas membuat anak-anak lupa dengan capeknya dan merekapun kembali berlarian bebas sementara mamapapanya istirahat. Langit pun semakin mendung dan tidak terasa tiba-tiba sudah jam 4 sore, kami pun kembali melanjutkan perjalanan ke mobil.

Kunjungan singkat kami ke cibodas sangat berkesan untuk anak-anak. Mereka tidak bisa berhenti bicara tentang air terjun, batu-batu besar, bukit, dan pohon-pohon besar juga capung dan kupu-kupu yang mereka lihat selama di kebun raya. Pastinya Kebun Raya Cibodas langsung menjadi salah satu tempat favorit kami yang` akan kami kunjungi kembali dalam waktu dekat.

Beberapa tips jika ingin berkunjung ke Kebun Raya Cibodas:
  • Jangan lupa bawa minuman dan makanan  yang cukup, karena tidak ada yg menjual makanan di dalam area kebun raya
  • Bawa alas untuk duduk
  • Bawa payung atau jas hujan, terutama jika berkunjung di sore hari
  • Lebih baik bawa gendongan bayi instead of stroller, karena akan lebih enak untuk meng-explore seluruh area kebun raya menggunakan mobil warawiri
  • Pakai baju dan sepatu yang nyaman
  • Bawa baju ganti, untuk anak dan juga mama papanya, karena pasti akan tergoda untuk main di air terjun
  • Jika berkunjung saat weekend, lebih baik untuk terlebih dahulu mengecek jadwal buka-tutup arus Jakarta-Puncak, karena trafficnya terkadang sangat tidak bersahabat

Alamat: Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Sindanglaya. Kec. Cianjur, Jawa Barat
Opening hours: 07.00-17.00
Web: http://krcibodas.lipi.go.id/

Author: Irna Nurul Fatimah (@Irnay)

3 comments

  1. Seru nya !! Ditunggu review tempat liburan lain nya :) happy holiday.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak :) Have a great weekend!

      Delete
  2. Ada yang tau kenapa di cibodas, mobil tidak boleh masuk

    ReplyDelete

© Productive Mamas Blog