SLIDER

LIBRARY ANAK DI JAKARTA



Semakin hari, semakin banyak saja perpustakaan anak yang menarik untuk dikunjungi di Jakarta. Kalau saja Jakarta tidak macet, ingin sekali keliling-keliling ke tempat-tempat dibawah ini setiap harinya. Apalagi Dio lagi senang-senangnya membaca. Sehari bisa sampe 10x lebih minta bacakan buku. Baru sejak 2.5 tahun ini, waktu usianya dibawah 2 tahun belum terlalu tertarik lama-lama dibacakan.

Nah, karena wish list juga sudah semakin panjaaang, dan saya orangnya gampang sekali lupa, akhirnya saya kepikiran untuk ditulis dulu disini, sekalian sharing. Karena memang belum mendatangi tempat-tempat tersebut, kebanyakan foto dan informasi dibawah bukan merupakan milik saya pribadi. refrensinya akan dicantumkan, dan review detailnya akan menyusul saat saya sudah mengunjungi tempat-tempat tersebut. Untuk sementara, foto dengan keterangan pendek dulu.  Semoga bisa berguna bagi mama yang mencari perpustakaan anak di Jakarta...


Untuk yang sudah sering membaca blog ini, pasti tidak asing lagi dengan Rimba Baca. Ini adalah perpustakaan yang paling dekat dengan rumah kami, sehingga cukup sering mampir kesini. Tempatnya nyaman, bukunya cukup lengkap dan terdiri dari dua lantai. Untuk review lengkapnya bisa cek disini.


Alamat: Jl RSPP no.21B Cilandak, Jakarta Selatan
Biaya masuk: 30.000/visit & 350.000/year
Opening hours: 10.00-17.00
Instagram: @rimbabaca






Photo Courtesy:theopenbook.co.id
Saya sendiri belum pernah masuk ke dalam The Open Book, baru pernah ngintip saja dari luar. Kalau kata kakak ipar saya yang sering kesini, tempatnya cukup nyaman, bersih dan bukunya cukup lengkap. Tapi dibanding yang lain, ini biayanya paling mahal dan ruangannya tidak terlalu luas. Kalau ingin lebih murah, bisa menjadi member perbulannya. Selain kunjungan, tempat ini juga bisa dipakai untuk mengadakan pesta ulang tahun, dan ada kelas membaca untuk anak. Informasi lengkap dapat langsung cek disini.

Alamat: Dharmawangsa Square,The City Walk, 2nd Floor,Unit 36-37
Opening hours: 10.00-17.00
Biaya: 300.000/month
Twitter : @theopenbook_id




Photo courtesy:@rumah.kerinci
Perpustakaan ini juga merupakan rekomendasi kakak ipar saya, dia bilang kalau Rumah Kerinci ini furniture-nya bagus, ada area outdoor dan nyaman untuk anak-anak maupun dewasa. Untuk sementara ini masuknya gratis. Kalau mau ikut kelas-kelas dan aktivitas weekend ada biaya tambahan. Namun karena saya belum pernah kesini, untuk informasi lebih jelasnya bisa kunjungi Instagram atau langsung hubungi lewat telfon. Foto dan review lengkapnya bisa cek di mommiesdaily.com.


Alamat: Jl. Kerinci 3 No. 9 Jak-Sel 
Ph: 021 725 0320 & 021 722 1584
Instagram: @rumah.kerinci




Photo courtesy: FB Retnaidi Nur'aini
Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta, TIM, Cikini letaknya di samping Planetarium jika dari depan. Lantai 1 untuk dewasa, lantai 2 untuk anak, dan lantai 3 untuk buku referensi. Perpustakaan ini sudah cukup lama viral di social media, sehingga bikin penasaran karena fotonya yang menarik. Selain buku-buku ada area bermain juga. Sayangnya karena gratis, saya dengar banyak orang yang tidak menjaga kerapihan dan kebersihan tempat ini. Banyak mainan yang rusak juga..hiks. Kalau mau kesini, diisarankan untuk datang pagi-pagi sekali pukul 9 agar masih sepi dan bersih. Dulu sih hanya buka saat weekdays, tapi menurut Instagramnya sekarang buka weekend juga. Review lengkapnya cek di blog Fifi Alvianto atau di FB Retnaidi Nur'Aini


Alamat: Jl. Cikini Raya No. 73, Menteng
Jam Buka : 09.00-16.00
Instagram: @jaklib_cikini




Photo courtesy:toktokwow.com
Perpustakaan dan sentra bermain anak di Sentra PAUD Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Gedung E lt.7, Kemendikbud Senayan ini terbuka untuk umum dan masuknya gratis lho. Tersedia buku dewasa dan anak-anak serta mainan edukasi yang menarik. Senang sekali liat tempat ini, gak sabar ingin mengunjungi! Review dan foto lengkapnya bisa langsung cek disini. 

Alamat:Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
Jam buka: Senin-Jumat jam 09.00-16.00.






Dibanding yang lain, perpustakaan ini relatif paling kecil dan koleksi bukunya paling sedikit. Namun yang saya sukai ada blackboard besar dimana anak bisa bebas coret-mencoret menggunakan kapur. Rabbit Hole sendiri memiliki koleksi buku terbitan mereka yang dirancang sesuai kebutuhan anak terutama di aspek emosi dan sosial. Perpustakaan ini terletak persis diatas Rainbow Castle yaitu tempat terapi bermain (theraplay) untuk anak yang memiliki masalah dalam speech delay, tantrum dan masih banyak lagi. Untuk sementara, bermain ke perpustakaan ini masih gratis.


Alamat: Jl.Bangka Raya no. 53B, Kemang

Instagram: @rabbitholeid

Source: Google Image







Dari list diatas yang sudah pernah saya datangi baru Rimba Baca dan Rabbit Hole, yang lain merupakan rekomendasi dari teman dan saudara. Untuk list dibawah saya tidak beri penjelasan karena berikut merupakan perpustakaan yang saya temukan di Google, tapi belum pernah baca reviewnya sama sekali:
Kalau melihat foto-foto dan review diatas, yang ingin saya cepat kunjungi adalah Rumah Kerinci, dan Kemendikbud Senayan. Semoga bisa segera mampir-mampir ke tempat tersebut. Saya menulis artikel ini dengan tersenyum-senyum senang, karena perpustakaan anak di Jakarta makin banyak. Yuk! Budayakan membaca sedari kecil, karena buku adalah jendela dunia. 

Apakah mama ada yang punya rekomendasi perpustakaan anak di Jakarta, selain list diatas? Atau ada yang mau review tempat-tempat diatas secara lengkap, silahkan berikan link ke blog pribadi atau komen dibawah ya! 

2 comments

  1. Yg recommended dan cocok utk anak usia 9-10 th yg mana ya ? Tks for the good posting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya cocok kok mom, karena bukunya di klarifikasi sesuai usia. Tapi kalau saya harus rekomen untuk 9 tahun Rumah Kerinci, Cikini, dan Rimba Baca. :)

      Delete

© Productive Mamas Blog