SLIDER

ASTRID SATWIKA SHARES THE IMPORTANCE OF READING FOR YOUR CHILDREN


Untuk mommies yang sering mengikuti Instagram Astrid Satwika pastinya sudah sering melihat video Rania, anaknya yang menggemaskan dan sangat fasih dalam berbicara. Kata-kata pertama Rania adalah Adi (nama papanya) di usia 6 bulan, dilanjutkan dengan Mama, dan di usia 1.5 tahun ia sudah dapat berbicara dengan sangat lancar. Ingin tau rahasianya? Berikut perbincangan PM dengan mama Astrid...

Aku perhatikan, Rania itu serba cepat ya dalam tumbuh kembangnya, terutama berbicara. Kosakata-nya sudah banyak sekali untuk anak berusia 2 tahun. Apakah ada cara khusus untuk mengajarkan Rania?

Jadi jujur saja nih, aku dulu suka agak bingung bagaimana cara berkomunikasi sama bayi, karena memang kurang bisa 'bahasa bayi'. Sehingga cara aku berkomunikasi sama Rania dari bayi adalah dengan membacakan buku.

Selain itu, aku pernah ikut kelas Toast Master, disitu aku bertemu seorang ibu yang memiliki 2 orang anak yang mendapatkan beasiswa di luar negri, serta dua-duanya lulus dengan Honors. Ibu itu bercerita bahwa dari anaknya berusia 3 bulan, ia rajin membacakan berbagai macam buku, terutama ensiklopedia. Nah dari situ aku jadi terinspirasi.

Jadi apakah dari 3 bulan Rania sudah sering dibacakan ensiklopedia?

Haha.. enggak juga sih. Aku lebih banyak membeli berbagai macam buku cerita anak-anak. Selain Disney, ada juga buku-buku yang tentang planet, dinosaurs, binatang ataupun pengetahuan umum lainnya. 

Sejak usia 3 bulan, membaca buku adalah cara aku bermain dan berinteraksi dengan Rania. Aku jadi gak 'bingung' lagi musti ngapain sama bayi dan itu menjadi bonding moment aku juga dengan dia. Saat membacakan buku, aku selalu menunjuk gambar-gambarnya sambil menjelaskan “Ini warna merah.. Ini angka 1.. dan seterusnya”.

Banyak orang menganggap (termasuk aku dulu) kalau anak bayi itu gak mengerti apa-apa. Tapi justru anak bayi dan balita itu usia golden age dan absorbent mind, yang cepat sekali menyerap pengetahuan di sekitarnya.



Disini Astrid benar-benar sedang menanyakan Rania mengenai nama-nama planet, dan di usia 2.5 tahun ia sudah dapat menjawab nama-nama planet tersebut dengan benar lho!



Jadi dari usia berapa, Astrid merasa bahwa sering membaca buku memiliki efek yang positif pada tumbuh kembang Rania?

Sekitar usia 6 bulan ia bisa mengucapkan Adi (nama papanya), selain itu di usia 7 bulan itu aku pernah menunjukan flash card alphabet, dan saat ditanya Rania sudah bisa tunjuk dengan benar mana huruf A B dan seterusnya. Bisa coba cari video-nya di Instagram aku, tapi ya sudah dibawah-bawah banget..hehe

Oh iya sama mau share aja kalau aku belajar dari keluarga suami untuk bicara dengan bayi seperti ke anak yang sudah besar saja. Jadi gak perlu dicadel-cadelin atau dibuat-buat, karena aku melihat keponakanku memang cepat dan lancar bicaranya. Kita memberikan contoh untuk bicara dengan kalimat yang baik dan benar sekarang, agar nantinya mempermudah kita juga untuk mengajarkan berbagai macam hal di kemudian hari. Karena seperti yang kita tau, bahwa anak itu terbentuk habit-nya karena melihat dari contoh atau kesehariannya. 

Nah, kalau sekarangkan Rania sudah bisa bicara dengan lancar, apakah tetap rajin membacakan buku seperti saat dia masih bayi?

Tetap setiap hari, tapi sejak Rania usia dua tahun, aku lebih sering beli activity book. Jadi isinya mencocokan shape, lalu tracing numbers dan masih banyak lagi. Kalau tracing mungkin kadang-kadang ia masih harus dibantu, tapi kalau mencocokan shape, recognize numbers and colors itu Rania sudah bisa.






Thank you so much for sharing! Jadi semangat untuk lebih sering membacakan buku untuk anakku. Kita berganti topik dulu ya. Sekarang ingin mengenal kamu lebih baik nih. Sejak menikah, apa saja sih kesibukan sehari-harinya selain yang berhubungan dengan anak?

Banyak sih, pernah jualan baju, dan furniture tapi gak aku lanjutin karena masalah human resource alias selalu sulit cari orang untuk membantu. Akhirnya yang masih ada sampai sekarang adalah baby shop ‘My Baby Roo’.  Untungnya sudah ada partner yang sangat hard working. Tapi sebelum ketemu partner, aku semua mengerjakan sendiri dari mulai balas whatsapp, ke supplier, dan urus pengiriman. 

Aku juga menjadi news anchor di salah satu stasiun TV, tapi hanya tiga kali seminggu. Selain itu berkerja sama dengan brand atau host event yang berhubungan dengan beauty atau parenting. Senangnya sekarang Rania juga sudah mulai sering diundang, jadi aku gak perlu terlalu sering ninggalin.

Sibuk sekali sepertinya. Apakah masih ada goal dalam pekerjaan atau parenting yang ingin dicapai pada tahun ini?

Ingin bisa cepat-cepat launching blog Aishaline.com yang sudah tertunda dari tahun lalu.  Isinya ya seputar sehari-hari aku, terutama beauty dan parenting. Doain ya semoga bisa launching secepatnya.



Amin!

6 comments

  1. Inspiring sekali dan salut bgt with this energetic and pretty mom.. jadi semangat lagi bacain buku ke anak. Sempet males bacain karna anak lagi aktif bgt ga mau diem.. tp masih penasaran dengan sudah lancar bicara 1.5 tahun nya. Bukannya stage umur sgini masih cm bs ngucapin 2-3 kata, contohnya: rhi-no (2), but-ter-fly (3-ini udh jago bgt klo bs skaligus, mnrt saya)... atau mksdnya Rania udh bs mengkomunikasikan yg dia mau dgn baik.. kaya makan, minum dll.. penasaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, akupun salut sama ibu ini dan jadi terinspirasi untuk lebih rajin bacain buku lagi! Kalau Rania umur 1.5 tahun memang sudah lancar bicaranya mbak sudah bisa buat kalimat dan bisa diajak mengobrol dalam bahasa indonesia, kayanya ada sih di video-video instagramnya, tapi harus scroll kebawah2 hehe

      Delete
  2. Samaa, aku juga tadinya udah sempet males bacain buku ke anak krn dia lagi aktif2nya. Tapi abis baca ini jadi pengen sering2 bacain buku lagi ke anakku hehe. Aku juga suka bgt liat instagramnya mba Astrid krn lumayan banyak share ttg parenting :) btw anakku juga sama kayak Rania, sekarang umur 18 bulan sudah bisa bicara empat kata dalam satu kalimat, kosakata sudah gak kehitung lagi, dan sudah bisa nyanyi cicak2 di dinding dari awal sampe akhir hihi. Tapi kalo aku mungkin krn tinggalnya serumah rame2 jadi anakku banyak yg ajak ngobrol :D

    ReplyDelete
  3. Always stuning, flawless, smart, every good things is you mba acid.. Aku selalu suka ngeliat video video adek cantik yang uda wow banget untuk anak seusianya. Walaupun blm nikah tips2 ini yang bakalan aku coba terapin ke anak atau sodara2 yg masih kecil, walaupun main tapi tetep harus ada edukasinya. Thank you very much for the tips mba, always shining, hot momma! Much love ❤

    ReplyDelete
  4. Thank you so much Girls, senang rasanya kalau bisa berbagi yang mudah-mudahan bermanfaat :) Akupun mendapat ilmu baru tentang mainan yg mengedukasi dari Productive Mamas! Yuuukk baca buku setiap hariii ..

    ReplyDelete
  5. Wah bener2 inspiring article ni..pas lg gundah sibaby blm bs ngomong jg... bolehkah diberikan tips bukunya dr bahasa indo dl atau bs mixed up gt sama bahasa inggris? Takutnya kalo 2 bahasa si baby jd bingung ga ya... trimakasi utk sharingnya

    ReplyDelete

© Productive Mamas Blog