SLIDER

SENSORY BAGS


Sudah beberapa kali saya mendapat comment dan email dari para mama yang menanyakan "Aktivitas apa sih yang bisa dilakukan dengan anak dibawah 1.5 tahun?". Sensory bags ini jawabannya! Jujur saya belum pernah membuat sensory bags, karena dulu Dio langsung diperkenalkan dengan messy play. Awalnya memang ia sempat geli dan sebal karena lengket, tapi lama-lama jadi bisa karena biasa. Tapi untuk mama yang belum berani memperkenalkan sensory play yang terlalu messy karena bahannya kecil-kecil atau tidak yakin anak akan mau, bisa mencoba sensory bags ini for a start

Kebetulan minggu lalu memang sekalian mau interview Tara (Cinta Ruhama Amelz or @mama.of.snow), yang mempunyai anak perempuan berumur satu tahun bernama Snow. What a great opportunity for me to try out this sensory bags! Tadinya saya berencana membuatkan sensory bin bertema salju, tapi karena takut meleleh dijalan, saya coba buatkan sensory bags dulu saja.

Sensory bags ini bisa dicoba untuk anak umur berapa saja dengan pengawasan. Walaupun dalam ziplock, tetap harus pengawasan penuh, karena bisa bocor dan takut termakan. Manfaat dari sensory bag ini adalah baik untuk melatih indera pengelihatan dan peraba anak, juga fine motor skill (motorik halus) dengan cara meremas-remas. Anak juga bisa belajar mengenal bentuk dan warna dari bermain ini. Untuk manfaat lengkap bermain dengan sensory play bisa dilihat disini.

Cara membuat sensory bags sendiri sangatlah mudah, dan sangat bebas karena bisa diisi berbagai macam tekstur, bentuk, serta warna. Untuk tekstur yang berbeda bisa diisi dengan air, baby oil, tepung, shaving cream, hair gel yang dicampur dengan cat atau pewarna makanan. Lalu untuk menambah variasi bisa ditambahkan glitter, water beads, manis-manik, pasta, mainan-mainan kecil berbentuk binatang atau angka, basically anything you want!






Untuk Snow, saya memilih tema pastel dengan warna pink, ungu, biru muda dan transparant. Masukan bahan-bahan ke dalam ziplock bag, tutup dan pasang lakban untuk sekelilingnya. Salah satu kesalahan saya saat membuat sensory bags ini adalah memakai ziplock bags yang murah sehingga tipis dan gampang bocor. Baiknya apabila bermain dengan bayi, cari ziplock yang tebal. Selain itu saya hanya memberikan sellotape dibagian atas, padahal lebih baik pasang disekeliling kantong dan di dobel agar lebih aman. 

Sensory bags di foto ini diisi dengan:

  • Transparant: Gel rambut, manik-manik, dan glitter
  • Pink: Tepung maizena, air dan water beads
  • Biru: Air, glitter, water beads, manik-manik
  • Ungu: Baby oil, glitter, pewarna makanan dan sedikit air


Snow terlihat paling tertarik dengan kanton yang berisi glitter warna ungu, karena setiap dipencet dapat berubah bentuk dan bergerak-gerak. Snow ingin mengangkat kantongnya dan dibawa-bawa, karena ia sedang senang-senangnya belajar jalan. So cute! Stay tuned and subscribe to our blog so you can be the first to read our interview with Mama of Snow!

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog