SLIDER

NO-FUSS TRAVEL BUSY BAGS


Kemarin PM mendapat mention yang sangat sweet dari salah satu pembaca kami, hal tersebut membuat saya terinspirasi membuat post ini. Ia bilang bahwa sejak mengikuti @productivemamas dan beberapa account mama kreatif di Instagram, ia mulai menjauhi iPad saat berpergian dan mulai rajin memberikan aktivitas kreatif untuk anaknya tercinta. Terima kasih mom @gwenjoannalie, atas mention-nya. Walaupun saya masih jauh dari kreatif, tapi senang sekali kalau mendapatkan mention dan komen dari mama-mama sekalian yang merasa bahwa PM berhasil menyemangati, menginspirasi ataupun merubah perspective mamas sekalian akan bermain dengan anak. 

Jujur setiap berpergian, saya belum pernah membawakan busy bag atau aktivitas khusus untuk anak. Kami meng-encourage anak kami untuk betah duduk diam dengan mengobrol, dan mengobservasi yang ada di sekitarnya. Kalaupun bawa, hanya satu buku kecil dan satu mainan favoritnya saja. Kebetulan suami saya orangnya sangat amat hands-on, jadi kalau memang kami sedang pergi-pergi, mulai dari makan, ke toilet, sampai ajak main itu dia semua yang mengerjakan. Di rumah juga, kalau baru pulang kantor dia yang mandiin, dan ajak main, jadi saya santai banget kalau sudah ada suami. Kata suami saya, "Anak akan cepat sekali menjadi dewasa, aku gak mau kelewatan milestone serta moment special saat Dio sedang tumbuh dan lagi lucu-lucunya".

Haha.. jadi melenceng kemana-mana. Okay kembali ke busy bag! Busy bag ini saya buat 'fuss free' alias gak repot menyiapkannya. Sebenarnya material dari busy bag ini merupakan benda-benda yang sudah ada di rumah, tapi suka kelupaan untuk dibawa. Aktivitasnya dimasukan dalam kantong, agar terbagi dengan baik dan bisa dikeluarkan satu-persatu jadi anak bisa fokus dan mengurangi main dengan acak-acakan. 

Busy bag 1: Pipe cleaners, stik es krim, dan mata-mataan
Aktivitas pertama adalah membuat orang-orangan dari stik es krim dan pipe cleaners. Kalau mau mengurangi 'kotor', baiknya mata-matanya sudah ditempel dari rumah, jadi tidak perlu membawa lem diperjalanan, atau bisa juga membawa double tape kecil. Saat mau dimainkan, biarkan anak melatih fine motor skill-nya dengan melilitkan pipe cleaners dan membuat tangan dan kaki (seperti di foto). Setelah jadi semua, orang-orangannya bisa dipakai untuk belajar warna ataupun story telling secara bebas.



Busy bag 2: Crepe peper (yang sudah di gunting persegi panjang), dan kertas kosong
Kalau ini perlu persiapan sedikit sebelum dibawa. Siapkan beberapa pattern warna di kertas kosong atau buku gambar kosong (seperti di foto). Saat dikeluarkan biarkan anak menyusun-nyusun sesuai pattern yang telah mama gambar atau print. Bisa juga mama yang perintahkan "Tolong urutkan seperti warna pelangi. Merah - kuning - hijau - dst". Untuk kertas crepe berbentuk persegi panjang, biasanya dijual satu paket di toko-toko buku terdekat dan warnanya sudah dicampur-campur seperti itu. 



Busy bag 3: Stik es krim, Scotch Expressions Tapes, dan spidol
Ini mirip konsepnya dengan busy bag 1 tapi beda method saja. Stik es krimnya bisa dikasih 'baju' menggunakan Scotch Expressions Tapes. Bagusnya Scotch ini adalah tapenya bisa dengan mudah dirobek tanpa menggunakan gunting. Setelah dipakaikan baju tinggal digambar-gambar saja muka dan kakinya menggunakan spidol.



Busy bag 4: Puzzle apa saja
Kadang orang suka malas membawa puzzle karena kotaknya yg besar, tapi dengan dimasukan dalam ziplock, dapat menghemat tempat. Kalau ingin dibawa, pilih yang ukuran kecil tapi satuannya besar-besar, agak tidak mudah hilang.

Busy bag 5: Kertas lipat warna-warni
Ini juga mudah tapi suka kelupaan. Biasanya saat beli kertas lipat sudah diberi instruksi cara mebuatnya, yang nanti bisa diikuti bersama anak-anak. Bisa juga suruh sang ayah membuatkan pesawat-pesawatan untuk menghibur anak dikala bosan. Ide lainnya adalah dengan menggunakan cara bermain dari busy bag no.2 yaitu dengan mengurutkan kertas sesuai warna. 



Busy bag 6: Buku mewarnai atau buku kosong dan crayon 
Kebetulan buku mewarnai ukuran kecil ini saya dapatkan dari goody bag ulang tahun teman dekat Dio. Tapi kalau mama tidak punya buku mewarnai yang kecil, gunakan saja notebook kecil gratisan lalu saat anak mulai mau mewarnai tinggal gambar yang ia inginkan. Misalkan bunga, binatang, transportasi atau pelangi. Jadi aktivitas bersama deh! Mama menggambar lalu anak mewarnai.



Kalau busy bag-nya sudah selesai dimainkan secara terpisah, nantinya bisa juga kalau mau mix and match aktivitas dan memainkan dengan cara yang berbeda. Misalkan Scotch Expressions Tapenya di tempel-tempel dibuku gambar untuk mewarnai. Selain busy bags diatas, saat jalan-jalan, jangan lupa membawa buku cerita kecil.



Aktivitas diatas tidak memerlukan persiapan yang banyak, hanya cemplung-cemplung saja apa yang ada di rumah. Karena menurut saya sebagai seorang ibu, saat mau traveling sudah repot packing untuk sekeluarga, kalau harus bergadang overnight untuk membuat aktivitas pastinya akan lelah. Tentunya kami akan menambahkan variasi busy bags as time goes by, untuk sekarang semoga aktivitas simple ini berguna untuk perjalanan mamas dengan si kecil. 

Apakah sudah ada yang pernah mencoba membawa busy bags? Biasanya isinya apa saja sih? Untuk mamas yang baru akan mencoba, bisa meninggalkan testimonial di comment ya. Bagaimana reaksi anak? Apakah anak senang, tidak tertarik, cepat bosan, atau malah bisa fokus lama dengan busy bags ini? Looking forward to hearing your feedback!

8 comments

  1. Yeayy makasih mom ... Busy bags nya sangat diperlukan utk berpergian😅 skrg Gwen ud ga pernah minta ipad lg saat drmh ato diluar rmh💃💃💃

    ReplyDelete
  2. raya juga akhir2 ini mula bawa busy bag...tp isinya msh mainan yg ready to play ky playdough, buku sticker serta alat gambar :)) thanks idenya PM! ^^

    ReplyDelete
  3. hi PM, great ideas! tapi, busy bag diatas untuk anak umur brapa ya?dibawah 2 tahun isi busy bag yang baik apa ya? Oh ya, beli pipe cleaners dan mata2an itu dimana ya?thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lebih baik untuk 2 tahun keatas mom :) Karena banyak benda-benda kecil yang takut tertelan untuk anak dibawah 2. Nanti aku coba post lagi untuk anak dibawah 2 tahun yaa!

      Delete
    2. Mom boleh tanya beli dimana ya puzzle alphabet busa yg ada di gambar .... baru skali ini liat yg mini kyk gitu. Biasanya kan yg gede buat floor mat.
      Anyway great ideas...!! Kyknya perlu nyetok art supplies di rmh hehe..

      Delete
  4. Aku punya buanyak dr aktivitS tau angka.menghitung.warna.bentuk.membaca.gunting dan tempel.melipat.meronce dll hehe krn anakku minta terus main itu d rumah n dmanspun jd kl skolah istirahat jg main ma blajar

    ReplyDelete

© Productive Mamas Blog