SLIDER

BABYLOANIAXPM BAKING SODA PLAYDATE


Saat Gummy Box Playdate bulan lalu, kami berkenalan dengan beberapa ibu yang tertarik dengan sensory playdate yang kami adakan. Karena itu, akhirnya saya dan Fira merencanakan buka puasa sekalian playdate di rumah Fira (Babyloania). Ada sepuluh orang ibu yang kami undang yang memang pernah menyatakan tertarik, sebenarnya masih banyak sekali yang ingin kami ajak tapi akhirnya kami batasi agar tidak terlalu crowded. Tujuan playdate ini sendiri sebenarnya kumpul-kumpul santai bersama teman sembari bermain dan berbagi informasi positive mengenai anak, terutama sensory play. Para mama yang ingin membuat playdate dengan teman juga bisa mengikuti aktivitas ini di rumah masing-masing. 

Setelah berdiskusi, kami memutuskan 'Baking Soda' untuk tema playdate kali ini. Baking soda selain bisa menjadi sensory play, juga bisa menjadi science experiment, apabila ditambahkan vinegar (cuka). Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk playdate ini sangatlah mudah, hanya baking soda, pewarna makanan, air dan cuka. Untuk pelengkap, kami menggunakan alas waterproof, kain blacu (untuk dicoret-coret) sampai 6 meter, kotak plastik untuk sensory bin atau tupperware, mainan plastik seperti serokan, cetakan, ember dan kuas serta wadah kecil untuk cat. Bahannya bisa didapat dari dapur kita sehari-hari, namun karena ada sebelas anak, tentu jumlahnya harus dikali sebelas. 


















Untuk kegiatan pertama yang kami lakukan merupakan 'Frozen Baking Soda Dough' yang bisa dilihat disini untuk cara pembuatannya. Cara bermainnya open ended play saja jadi anak bebas eksplorasi menggunakan kreativitasnya masing-masing. Kami sediakan garpu plastik, sendok plastik, dan beberapa cetakan pasir untuk dimainkan bersama dough tersebut. Ada anak yang senang merasakan dingin, ada yang menghancurkan dough ini dengan memukul-mukul atau menggaruk dengan sendok garpu, sehingga didapat tekstur seperti pasir, ada juga yang memakain dough untuk coret-mencoret kain-kain yang bertebaran. Terlihat dari bermain sensory play ini, bahwa anak dengan umur 1-2 jauh lebih tertarik sehingga bisa fokus lebih lama, anak dengan umur 2-3 tertarik sebentar lalu lari-larian dan kembali bermain lagi, sedangkan yang diatas 3 tahun lebih cepat bosan.

Kegiatan selanjutnya membuat 'Baking Soda Paint', dengan ingredient yang sama, yaitu campur baking soda, air dan pewarna makanan. Tapi dengan air yang tentu jauh lebih banyak dibandingkan baking soda tersebut. Di aktivitas ini Nala (2 tahun) dan terlihat sangat fokus, Dio dan Adam (2 tahun) juga lumayan senang. Sedangkan Bara (1 tahun), Alaia (1 tahun), dan Aisha (8 bulan) terlihat masih asik dengan meremas-remas baking soda dough. Kakak Asiya (3 tahun), mau explore sebentar lalu sudah bosan. Akhirnya karena ada botol bekas dan balon nganggur, dadakan dibuatlah science experiment menggunakan baking soda dan balon. Kakas Asiya, senang sekali dan ingin mengulang-ngulang terus experiment balon tersebut.








Akhirnya beberapa orang ibu yang terkena macet mulai berdatangan and just in time for Iftar. Kami istirahat dulu main-mainnya, dan makan bersama. Para anak asik minum Heavenly Blush amazing Yo! Yoghurt for Kids. Packaging-nya menggemaskan, mommies juga senang karena ada serat buah dan sayuran didalamnya.  Disini para ibu banyak waktu untuk ngobrol-ngobrol. Sambil bergantian ibu-ibu makan, anak-anak sudah tidak sabar mencoba permainan yang ditunggu-tunggu. Campur baking soda dan sabun mandi atau cuci piring ke dalam wadah, berikan pewarna makanan di setiap botol-botol yang berbeda, tuangkan cuka dan terjadi reaksi tumpah-tumpah yang seruu!! Disini Inaaya, Rania, Dio, Aimee, Adam terlihat senang sekali melihat reaksi tumpah tersebut sambil ingin memegang-megang buih soda yang berjatuhan!















Productive Mamas (Nesya) dan Babyloania (Fira) ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk mommies dan anak-anaknya yang sudah meluangkan waktunya untuk datang, dan sampai bawa makanan segala, thanks mama Pucil, Arninta, Talitha, Firda, Astrid, Cindy, Dela, dan Winta

PM juga ingin berterima kasih pada antusiasme mommies yang email, dan comment karena ingin bergabung dengan playdate kami kedepannya. Silahkan tinggalkan email di comment dibawah atau bisa subscribe dengan cara masukan email di kanan atas blog ini. Kalian akan mendapatkan email apabila ada informasi playdate atau acara lain yang akan kami adakan. Minal aidin wal faidzin and have a great holiday! :)

4 comments

  1. nesyaaa... ijin pake foto2nya yaa buat diblogku, kmrn kelupaan bawa kamera lagi huhuhu

    ReplyDelete
  2. Hallo PM! seru banget playdatenyaa.. boleh tolong info2 untuk next playdatenya mungkin bisa join :) oh btw aku baru aja subscribe, smoga PM tambah keren yaa.. thank youu..

    ReplyDelete
  3. hai Mba Nesya PM, salam kenal. waah nice playdate!. Ak mauu dong join di playdate berikutnya.. Email saya : elfina.lestari@gmail.com. Makasiiih :*

    ReplyDelete

© Productive Mamas Blog