SLIDER

TEMPAT WISATA KELUARGA DI BANDUNG

Beberapa minggu yang lalu, kami sekeluarga pergi ke Bandung dan mendatangi tempat-tempat rekreasi yang menarik dan menyenangkan untuk didatangi oleh keluarga. Disini saya akan membuat list dan penjelasan singkat akan tempat-tempat tersebut. Detail akan pengalaman kami di tempat-tempat tersebut dan foto-foto secara lengkap akan di post di article terpisah.


De'ranch merupakan tempat rekreasi bertema cowboy yang terletak di daerah Lembang. Masuknya hanya Rp 5000 rupiah saja perorang, tetapi apabila mau menikmati berbagai macam kegiatan yang tersedia, harus membayar lagi. Untuk harga lengkapnya bisa langsung dilihat disini. Kebanyakan kegiatan di De'Ranch memang lebih cocok untuk anak diatas 5 tahun. Tapi Dio (2 tahun) sudah cukup senang dengan berlari-larian di lahan luas, melihat sapi, serta menunggangi kuda pony dan naik delman. 



Jendela Alam ini merupakan favorit saya saat mengunjungi Bandung kemarin. Selain banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, binatangnya cukup lengkap dan banyak yang bisa dipelajari disini, mulai dari kegiatan pertanian, peternakan dan area bermain. Untuk masuknya hanya dipungut Rp 10.000 (weekdays), Rp 15.000 (weekend). Tapi untuk kegiatan-kegiatan tambahan, harus bayar lagi atau bisa memilih paket (cek disini). Satu tips penting kalau ingin mengunjungi Jendela Alam adalah menelfon terlebih dahulu, karena tempat ini sering sekali dijadikan tempat karyawisata. Kalau sudah di booking untuk karyawisata, kita tidak bisa melakukan sebagian besar kegiatan yang ada karena harus menunggu yang lain sampai selesai.



Dusun Bambu juga merupakan tempat wisata di Lembang. Tempat ini cocok didatangi saat jam makan, karena terdapat dua tempat makan yang cukup besar dengan pemandangan yang indah. Disini juga terdapat aktivitas seperti naik perahu, hiking, dan memetik strawberry. Sebenarnya ada farm kecil, archery dan aktivitas anak, tapi saat saya datang weekdays itu kurang terawat, sepertinya baru aktif saat weekend. 


Miss Bee Providore
Biasanya disini saya tidak memberikan rekomendasi restaurant, tapi saya rasa tidak afdol kalau tidak memberikan rekomendasi untuk Miss Bee Providore. Selain makanannya enak, restaurant ini sangat family friendly. Terdapat tempat bermain anak, serta halaman luas untuk anak berlari-larian, dan kandang kelinci kecil. 


Tempat ini banyak di rekomendasikan orang untuk yang ingin bermain di taman di tengah kota Bandung. Saya suka konsepnya bahwa akan ada banyak tanda lalu lintas sehingga anak dapat belajar mengenai tanda-tanda tersebut. Tapi sejujurnya tempat ini tidak sesuai ekspektasi saya. Mainannya sudah tidak terawat, lalu tanda lalu lintasnya tidak terlalu tersebar dimana-mana, melainkan hanya di pojok-pojok tertentu. Tapi untuk yang ingin berjalan-jalan di taman saja, tempat ini cukup luas, dan rindang, serta bisa menaiki kereta kecil untuk sekeluarga mengelilingi taman.

Berikut adalah tempat-tempat yang direkomendasikan oleh beberapa teman dan kerabat, tapi belum sempat kami datangi. Untuk informasi lengkapnya langsung klik judul dibawah, yang sudah di link ke official website tempat wisata tersebut:

Saung Udjo adalah pusat pelestarian dan pertunjukan kebudayaan tradisional. Disini bisa belajar angklung bersama dan menonton pertunjukan seperti tari topeng, wayang golek, dan menari bersama.

Kampung Gajah merupakan tempat rekreasi seperti Dufan, dengan banyak permainan dan atraksi bermacam-macam. Lucunya kata teman yang sudah pernah kesana, di tempat ini tidak ada gajah, jadi hanya namanya saja. Disini ada kolam renang, horse riding, buggy ride dan masih banyak lagi!

Rumah Stoberi merupaka restaurant dan tempat penginapan dengan lahan untuk memetik strawberry yang terletak di Lembang.

Taman kupu-kupu ini merupakan wisata edukatif untuk yang ingin mengetahui dan mempelajari mengenai metamorfosis kupu-kupu.

Untuk yang tidak sempat ke tempat wisata di daerah Lembang, bisa mengunjungi Mini Farm di Paris Van Java. Tiket masuknya relatif lebih mahal dibandingkan tempat wisata lainnya di Bandung (Rp 50.000), tapi kalau tidak ada waktu banyak, tempat ini bisa jadi destinasi yang menyenangkan untuk para anak dan orang tua karena terletak di Mall.

Walaupun list diatas hanya beberapa dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Bandung. Semoga list ini dapat membantu para keluarga yang sedang merencanakan wisata ke Bandung. Untuk yang punya saran akan tempat wisata yang family-friendly di Bandung dan belum dicantumkan diatas, bisa komen dibawah agar bisa saya tambah list tersebut. 

Notes: Untuk yang punya tempat-tempat wisata menarik di kota-kota lain di Indonesia juga bisa kontribusi ke blog ini dengan mengirim email ke productivemamas@gmail.com. Terima kasih!

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog