SLIDER

LIVING.. LOVING.. BLOGGING..


LivingLoving.net adalah blog yang lahir dari kecintaan (N) Nike Prima dan (M) Miranti Andi Kasim pada home décor, DIY, and all things lovely! Mereka mengambil keputusan untuk meninggalkan pekerjaan full time mereka karena ingin lebih banyak meluangkan waktu untuk anaknya. Disini mereka akan berbagi kisah perjalanan Living Loving yang dapat bermanfaat untuk mamas, terutama para newbie in blogging world.

Apa alasan awal resign dari full time job?
M: Aku kira setelah 6 bulan sudah nggak full ASI, meninggalkan anak akan terasa lebih ringan tapi kenyataannya tidak. Aku banyak kehilangan moment penting dalam perkembangan Bya. Rasanya sedih sekali mendengar cerita milestone penting seperti merangkak atau berjalan dari mbak-nya. Setelah resign, rasanya bahagia bisa tidur siang sama-sama anak dan bangun tidur lihat anak juga.

Kapan ide membuat blog ini muncul?
M:  Sebenarnya kami sudah mulai brainstorming dari November 2012. Setelah itu menyampaikan ide ke orang IT yang sampai sekarang pun belum pernah bertemu langsung.  Komunikasi kami hanya lewat email, whatsapp, dan telfon saja. Lalu Living Loving online di awal tahun 2013.

Wah idenya bisa sampai dengan benar ke orang IT nya tanpa bertemu? Apa tidak ada miscommunication?
M: Aku sama Nike juga rumahnya berjauhan, jadi dari awal kita banyak komunikasi lewat whatsapp, email dan telfon. Biasanya saat punya ide, kita sama-sama membuat presentation slides seperti mau presentasi ke client. Awalnya kami mulai dengan konsep dulu, topic dan color schemenya. Sehingga begitu kami ketemu untuk meeting, sudah tidak buang-buang waktu, kita sudah bisa menyamakan persepsi.

Ide itu juga yang disampaikan kepada orang IT. Karena dari awal untuk website kami inginnya juga minimalis sehingga cukup mudah untuk dimengerti dan tidak terlalu banyak revisi.

Bagaimana cara pertama kali mengenalkan blog ini pada public?
M: Kami launching di awal 2013 sudah dengan 10 article yang dikumpulkan dari Desember 2012. Sehingga saat orang membaca sudah bisa melihat garis besar isi blog dan tujuan kami membuat blog ini.

Awalnya hanya word-of-mouth ke teman-teman saja. Teman-teman bantu menyebarkan dan memberi masukan juga. Dulu kami belum ada instagram, jadi lewat twitter dan facebook saja.

Bisa ceritakan salah satu moment yang menyenangkan atau membanggakan sejak membuat Living Loving?
N: Dengan buat blog ini banyak banget opportunity yang tidak terbayang sebelumnya.. Bisa kenal dengan berbagai macam orang kreatif dan sukses dalam bidangnya masing-masing, dan mengenal berbagai macam brand. Salah satunya adalah pada bulan November 2013, kami mendapat invitation dari Panasonic Indonesia untuk event launching kamera Lumix di Singapore dengan all expenses paid.

M: Yang menarik dari perjalanan itu adalah kami menginap di Marina Bay Sands dan rencananya ingin berenang dan foto pemandangan kota Singapore pada malam hari dari atas gedung, serta jalan-jalan keliling. Namanya juga ibu-ibu ya, sedang istirahat eh kebablasan tidur, tiba-tiba sudah pagi saja. Haha. Kami belum pernah sama skali meninggalkan anak keluar kotapun dan kami tidur sekamar dengan anak-anak. Ini merupakan tidur ternyenyak selama 2 tahun terakhir, sampai-sampai kami telat sarapan.

N: Survey ulang tahun pertama pada tanggal 1 February 2014 juga menyenangkan. Pada ulang tahun pertama, kami mengirim survey tanpa iming-iming hadiah, karena memang ingin honest opinion. Kami cukup surprise dengan response yang didapat. Cukup banyak yang menjawab dan tanggapannya banyak yang positif.


Kapan pertama kali membuat workshop?
N: Kami baru membuat workshop setelah ulang tahun pertama. Padahal dari awal memang sudah ingin membuat. Tapi prinsip kita adalah ‘one step at a time’. Dengan kita menunggu ini, kita jadi lebih tahu demand dan interest pembaca kami itu apa.

Kami mulai #LLafternoondelight pertama di bulan Maret dengan teman-teman blogger. Karena kami hampir tidak ada background maupun pengalaman di event organizing, kami buat sama teman-teman blogger dulu untuk belajar dan mendapatkan feedback.

Wah sepertinya perjalanan menjadi blogger menyenangkan ya. Apakah pernah merasa ‘gagal’ selama ini?
N: So far enggak sih, yang ada adalah ke-BM-an yang belum kesampaian saja.

Kalau kerja sama teman, apa rasanya ya? Apakah pernah timbul konflik atau drama, so far bagaimana pengalaman Nike dan Miranti?
N: Kebetulan karena sudah pernah kerja di TV bersama-sama, kami sudah cukup tahu cara kerja satu sama lain. Selama 2 tahun kami benar-benar intense kerja bareng jadi sudah teruji. Sudah kenal banget karakter masing-masing, kami juga kuat ketemu setiap hari. Jadi itu yang memutuskan kami untuk kerja sama-sama.

M: Sifat kami sih sebenarnya sangat berlawanan. Tapi selera kami sama dan nyambung. Lucunya, kalau sedang brainstorming dan cari ide, kami selalu membuat semacam referensi gambar. Saat kami sama-sama kirim, tiba-tiba kami mengirimkan gambar yang sama persis dari ratusan google images! Sering sekali seperti itu.

Wah semirip itu seleranya! Memang sudah cocok banget berarti. Kalau untuk pembagian tugas apakah sudah dari awal dibagi atau bagaimana?
N: Pas awal tidak ada pembagian siapa ngurus apa. Karena ini sesuatu yang baru juga untuk kami, jadi sama-sama kontribusi saja. Setelah dijalani, akhirnya sekarang Miranti seperti editor in chief. Aku lebih ke bagian creative, seperti bikin concept acara salah satunya.


Dengan berkembangnya blog, bagaimana membagi waktu dengan anak?
N: Aku sekarang tidak ada nanny untuk Kira, dan ART (Asisten Rumah Tangga) hanya datang 2-3 jam di pagi hari jadi awalnya memang lelah, tapi akhirnya aku menikmati. Aku bisa lebih memperhatikan milestone Kira. Sebenarnya dari sebelumnya, saat masih ada mbaknya dia lebih sering memilih sama aku juga, dan banyak hal yang Kira sudah bisa kerjakan sendiri, sehingga tidak  terlalu banyak perubahan yang signifikan. 

Kalau punya anak ya kenyataannya memang sulit untuk kerja di rumah, apalagi anaknya aktif. Untungnya sudah ada studio ini. Jadi walaupun dibawa, Kira bisa main-main sendiri atau dititip di ibuku,  lalu kesini 2-3 kali seminggu untuk menyelesaikan pekerjaan. Kalau di rumah biasanya aku banyak menyelesaikan kerjaan saat Kira sudah tidur malam.

M: Kalau aku masih mencari selahnya. Aku juga bisa lebih banyak mengerjakan saat 2-3 kali seminggu ke studio. Kalau di rumah cari waktu saat anak tidur juga. Aku banyak kerja dari kamar jadi sering ter-distract sama Bya. Sebenarnya lebih efektif apabila punya corner kerja sendiri di rumah.

Enak ya sudah punya kantor sendiri sekarang. Dulu saat belum ada studio ini, meeting-nya dimana?
N: Sudah sering memakai ruangan ini juga, karena kantor suami di sebelah.. Tapi dulu hanya pinjam kalau sedang kosong. Kalau ada yang mau pakai ruangan ya terpaksa ngungsi dulu. Kita biasanya banyak brainstorming di rumah juga, sehingga sekalinya ketemuan di kafe dengan wifi cepat bisa produktif dari pagi sampai sore.

Yang sering ditanyakan oleh banyak orang ni, menjadi blogger apakah ada income di tahun pertama?
N: Tahun pertama di bulan 4-5 reader kami cukup bertambah secara pesat. Sehingga kami sudah mendapatkan sponsor post, dan commission fee. Di tahun pertama kami jauh lebih banyak mengerjakan macam-macam dari rumah, jadi awal tahun hampir tidak ada pengeluaran besar kecuali untuk website.

M: Selain itu, tahun pertama kami masih suka ambil job dekorasi, tapi kita memutuskan untuk tidak terlalu banyak ambil lagi. Karena tujuan awal Living Loving bukan menjadi event decorator, melainkan media. Selain itu content jadi kurang kepegang kalau kami sibuk mendekor.

Oiya pertanyaan terakhir, dalam menjalankan blog ini apakah ada yang dijadikan refrensi, atau semacam mentor?
M: Kebanyakan kami mendapatkan banyak inspirasi dan refrensi dari blog luar.

N: Kalau pribadi, aku mempunyai mentor bos terakhir aku yaitu Yoris Sebastian. Aku mendapat banyak support dalam blogging dan masukan-masukan menarik. Sebenarnya dengan melihat apa yang dia kerjakan sudah menjadi inspirasi tersendiri. Approach marketing Yoris selalu out of the box dan sangat berbeda dengan orang pada umumnya. Salah satunya adalah, untuk membuat perubahan tidak perlu dari sesuatu yang besar, bisa mulai dari yang kecil. Start small and make significant impact.


Living Loving

Nike Prima

Miranti Andi Kasim

2 comments

  1. Ah :)
    Selalu suka baca disetiap segment Inpiring Mommies. Ini favoritku <3
    Terus berkarya Nike+Mamir!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih banyak lho! Senangnya :) Have a great weekend ya mbak!

      Delete

© Productive Mamas Blog