SLIDER

FAMILY DATE WITH RUMAH DANDELION


Rumah Dandelion adalah rumah kegiatan dan pendidikan bagi orang tua dan anak. Rumah Dandelion ini didirikan oleh 5 wanita psikolog yang juga seorang ibu, dengan visi yang sama yaitu menjadi rumah pendidikan dan pengembangan anak usia dini yang terpercaya. Kali ini Rumah Dandelion mengadakan acara Family Date dengan tujuan meningkatkan bonding antar keluarga dengan aktivitas seru dan interaktif.



Diawali dengan menari dan bernyanyi bersama untuk mencairkan suasana dan membangkitkan semangat para keluarga. Lalu dilanjutkan dengan lomba memindahkan ikan ke sisi berlawanan oleh anak, tapi tidak boleh menggunakan tangan. Acara Family Date ini sebenarnya ditujukan untuk anak berumur (3-8 tahun) karena sudah bisa lebih paham kalau diajak berkomunikasi, serta menerima perintah dengan baik. Anak saya, Dio (2 tahun) belum terlalu mengerti perintah, sehingga awalnya dia memindahkan ikan menggunakan tangan. Tapi setelah beberapa kali diajak bicara pelan-pelan, akhirnya Dio berhasil memindahkan 3 lembar ikan ke sisi berlawanan dengan menggunakan mulutnya. Tujuan kegiatan ini adalah melihat bagaimana anak menghadapi kompetisi. Selain itu juga untuk mengajarkan anak untuk memecahkan masalah, dan berpikir kreatif.



Dilanjutkan dengan membuat family puppet. Sudah disediakan gambar oleh Rumah Dandelion, sehingga kita tinggal menggunting, memberi bolongan, dan mewarnai. Aktivitas ini mengajarkan fokus pada proses, jangan memaksa anak untuk hasil yang sempurna. Let your child lead. Jadi biarkan anak memilih baju apa dan warna apa yang mau dipakai oleh bonekanya. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Untuk dibawah 3 tahun, belum terlalu bisa menggunakan gunting, sehingga biarkan ia mewarnai, menempel-nempel dan memilih bajunya sendiri.



Terakhir adalah kegiatan favorit saya, Family Question in a Jar. Jadi terdapat 36 pertanyaan didalam jar, yang bisa kita diskusikan bersama anak. Pertanyaan sederhana yang sebenarnya penting tapi terkadang kita suka melupakan. Contoh beberapa pertanyaan adalah "Apa arti namamu?" , "Jika sudah besar mau jadi apa?" , "Olahraga apa yang paling menyenangkan?". Tidak harus selalu kita yang bertanya, anak juga bisa bertanya berbagai macam hal kepada orang tuanya. Kegiatan ini bisa dijadikan aktivitas tetap harian bersama keluarga. Selain kegiatan bersama-sama, penting juga one-on-one time, misalkan ayah dan anak, lalu bergantian dengan ibu dan anak. Kegiatan inipun perlu dilakukan dengan fokus, jangan sambil nonton tv atau main hp. Let's try to do this more often and spend more quality time with your family!






Email: rumah.dandelion@gmail.com
Instagram: @rumah.dandelion

No comments

Post a Comment

© Productive Mamas Blog