SLIDER

ENNO LERIAN: REFORMED SAHM


Kalau anda suka membuka instagram @ennolerian pasti tahu kalau Enno, rajin sekali membuat berbagai macam permainan untuk anaknya. Hebatnya, mama Enno ini tidak ada pembantu ataupun nanny, jadi semuanya dikerjakan sendiri. Pada kesempatan ini kita berbincang dengan Enno, mengenai motivasi, inspirasi, serta manfaat yang dia dapatkan dari bermain bersama anaknya, Abi.


Darimana datangnya ide untuk mulai membuat berbagai macam permainan bersama Abi?
Waktu hamil Abi, aku bawaannya mau di rumah saja. Biasa aktif banyak kegiatan dan mengerjakan berbagai hal, lalu tiba-tiba harus di rumah terus itu rasanya bosan sekali. Mulailah aku melakukan hal-hal yang tidak biasa aku lakukan, salah satunya merajut, dan coba cari-cari hobi dengan lihat pinterest. Randomly, I came across #totschool. Karena memang sebelumnya sudah pernah lihat salah satu ibu-ibu di Instagram dengan hashtag #totschool, sehingga aku jadi tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.

Oiya aku sering baca hashtag #totschool juga di Instagram, bisa jelaskan sedikit gak  mengenai apa sih #totschool itu menurut Enno?
Semua ibu punya definisi masing-masing mengenai totschool, ada yang mengartikan menyekolahkan terlalu dini, ada yang bilang itu toddler school atau homeschooling jadi benar-benar sekolah di rumah. Ada juga yang hanya iseng-iseng mencari kegiatan untuk anak.

Kalau untuk aku sendiri mengartikannya sebagai memberikan aktivitas positif dan meningkatkan bonding dari sedini mungkin, sekaligus dapat meningkatkan capability dan skill anak kita. 

Dari awalnya hanya iseng-iseng, lalu apa yang membuat ini jadi aktivitas tetap di keseharian Abi?
Akhirnya aku seriusin karena setelah jam tidur paginya itu ada waktu panjang yang kosong dan tidak melakukan apa-apa. Sedangkan Abi itu sangat aktif,  sehingga aktivitas bermain ini aku rasa yang paling cocok mengisi kekosongan itu. Abi-pun juga cepat bisa berbicara dari umur setahun, sehingga sudah banyak ingin tahu. Aktivitas ini bisa mengakomodir keingin tahuan itu.


Manfaat apa saja yang didapat dari bermain ini?
Kita jadi dekat sama anak dan mengenal anak lebih baik, kita juga jadi tau kemampuan anak sebatas mana, serta anak sukanya apa. Banyak sekali positive-nya. Abi terbiasa dikenalkan dengan berbagai macam pengetahuan, mulai dari warna, angka, binatang, transportasi dan masih banyak lagi. Kalau kita terlibat dengan semua aktivitas anak, mau gak mau kita berkomunikasi dan mengajarkan berbagai macam hal. Dengan kita berkomunikasi dengan anak mereka menyerap pengetahuan baru dan kosa kata anakpun jadi bertambah.

Mulai dari usia berapakah Abi diperkenalkan dengan permainan-permainan ini?
Umur 15 bulan sudah mulai main sensory play, walaupun belum tertarik sama sekali. Sepertinya usia 18 bulan baru mulai bisa serius di beberapa permainan.

Seberapa sering Abi main sensory play atau permainan lainnya?
Setiap hari, sehari aku siapkan 3 aktivitas. Biasanya aku siapkan malam sebelumnya, saat Abi sudah tidur.

Wow 3 aktivitas setiap hari? Banyak juga ya..
Iya karena seumur itu masih suka belum terlalu fokus. Jadi dicoba-coba saja dan dilihat lebih tertarik sama yang mana. Gak semuanya dimainin sampai selesai juga, tergantung anaknya. Maunya sih anaknya main yang lama tapi terkadang 5 menit saja sudah seneng banget. Makanya harus putar otak banget untuk cari permainan, supaya anaknya tidak cepat bosan.

Jadi kalau anaknya nggak mau main dibiarkan saja atau gimana?
Misalkan hari pertama anaknya nggak tertarik, besoknya aku coba lagi. Sempat stress juga sih bingung kok anaknya nggak mau, apa ada yang salah sama akunya atau bagaimana. Tapi ternyata itu proses, anak umur segitu belum terlalu tertarik, dan perlu proses saja untuk menerima.

Tadinya Abi nggak mau messy play sama sekali, akhirnya setelah berkali-kali aku coba dia mulai familiar dan mau, disitu aku dapat kesenangan. Intinya jangan menyerah, karena bisa kalau biasa.

Ide permainan biasa didapat dari mana?
Paling banyak dari Pinterest, tinggal search keywordnya atau permainan yang kita mau (totschool, sensory play, messy play etc). Dari Instagram juga banyak ibu-ibu yang kreatif dan aktif bermain bersama anaknya, bisa menjadi inspirasi juga.

Favorit Abi saat ini apa dari semua sensory play?
Abi paling favorit untuk sekarang itu water beads. Tidak membutuhkan waktu yang lama agar Abi mau bermain dengan water beads, melihat anak-anak senang sekali bermain dengan air. Abi senang sekali bermain water beads, bisa terus-menerus minta bermain itu, tapi jujur aku-nya yang bosan sama agak repot bersihinnya.




Iya bener, yang terkadang bikin malas dari sensory play itu bersihinnya. Enno sendiri apa ada yang bantu-bantu dirumah?
Aku ada pembantu laki-laki tapi bersihin rumah yang berat-berat saja, tidak ada suster. Masak-masak dan semua yang berhubungan sama Abi itu aku yang kerjain sendiri. Jadi ya sehabis main sensory play aku yang beresin. Tapi saat bersih-bersih itu biasanya aku selalu libatkan anaknya. jadi mengajarkan dia untuk mandiri juga.

Karena yang aku pelajari anak itu meniru kelakuan kita, kalau kita ajarin hanya dengan ucapan belum tentu pengaruh, tapi perilaku sebagian besar diikuti. As simple as, kemarin aku sholat trus setelah selesai dia kembaliin sendiri alat sholat ke tempatnya tanpa aku minta. Aku tidak expect Abi untuk terlalu mandiri gimana juga ya namanya juga masih kecil, tapi dengan kita mencontohkan yang baik-baik mudah-mudahan dia berprilaku baik juga. Makanya sedini mungkin  aku berusaha memberikan contoh sikap, perilaku, dan kebiasaan yang baik.

Enno kelihatannya semangat sekali beraktivitas bersama Abi! Sebenarnya apa sih motivasi terbesarnya?
Aku melahirkan anak pertama aku Bumi, saat aku masih sangat amat muda. Sehingga Bumi lebih banyak diurus sama mama. Aku sempat merasa gagal sebagai ibu, aku merasa gagal mendidik anak. Aku ingin memulai lembaran baru dan tidak mau lagi kehilangan moment penting bersama anak sedari kecil. Aku ingin membuat kenangan indah dan berharga yang bisa aku ingat di kemudian hari bersama anakku. Itu salah satu motivasi terbesar aku saat ini, untuk meluangkan waktu dan energi untuk lebih sering bermain sama anak-anak aku.

Instagram: @ennolerian 

1 comment

© Productive Mamas Blog